Wit Growong Pos I Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Kaliwadas

banner 468x60

SIRAMPOG, KANGENTRAVELING.COM – Kalau sobat traveler pernah melakukan pendakian ke Gunung Slamet melalui jalur Kaliwadas Sirampog pasti bakalan ketemu dengan post pertama yang terdapat pohon besar dan berlubang atau biasa disebut Wit Growong (Jawa .red).

Jalur pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas merupakan salah satu jalur pendakian yang tidak terlalu populer, dibandingkan dengan jalur-jalur lainnya. Tapi merupakan jalur favorit para pendaki yang menginginkan tantangan track yang jauh dan  hujan yang masih lebat. Karena dijalur ini masih banyak pepohonan yang rindang dan juga masih terlihat sangat hijau.

Biasanya para pendaki akan berhenti sejenak disini untuk meluruskan kaki karena habis menempuh track yang cukup lumayan bikin kaki pegal-pegal. Apalagi buat kalian yang baru pertama kali melakukan perjalanan atau tracking.

Dinamakan Wit Growong karena pohon ini pada bagian bawahnya berlubang cukup besar. Biasanya banyak para pendaki santai sejenak di bawahnya untuk beristirahat, sambil makan atau ngopi sambil melepas lelah. Pohon yang memiliki diameter lumayan besar dan batangnya cukup tinggi namun sayang pohon sudah mati. Batang pohon tersebut sudah tumbuh lumut hijau menambah keindahan pohon.

Dari post pertama ini kita bisa melewati jalur pendakian melalui dua jalur, yaitu jalur pendakian lama yang menuju sumur pengantin atau jalur baru yang pada tahun 2019 lalu mengalami kebakaran hutan.

Di samping pohon ini dulu ada sebuah gubug beratapkan seng yang dibuat untuk berteduh. Karena biasanya banyak warga yang datang ke Wit Growong untuk melakukan sebuah ritual kepercayaan sambil membawa sesajen. Ada tiga lokasi tempat untuk menaruh sesajen sesajen tersebut. Diantaranya adalah Tuk Bening, Wit Growong, dan Sumur Pengantin.

Banyak orang yang masih percaya bahwa air dari tuk suci dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Sementara itu Wit Growong dan Sumur Pengantin ada kekuatan mistisnya tersendiri. Namun demikian setiap orang memiliki kepercayaannya masing-masing. (/Hartamas)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *