Wisata Kota Tua Jakarta Diubah Menjadi Batavia

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta menjadi salah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi kala sedang traveling ke Jakarta. Sebuah kota peninggalan jaman Belanda ini memiliki berbagai macam bangunan yang penuh dengan nilai sejarah.
Tapi apakah kalian tahu bahwasannya Kota Tua Jakarta pada awalnya bernama Batavia. Ini merupakan nama yang diberikan pertama kali oleh pemeritahan Hindi Belanda pada daerah tersebut.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ditemui dalam acara penandatanganan HOA dalam bentuk JV Kota Tua – Sunda Kelapa Rabu, (28/4/2021) bersama Kemenparkraf dan BUMN menyatakan bahwasannya kawasan kota tua tersebut bisa dipertimbangkan untuk merubah nama kembali menjadi ‘Batavia’ seperti pada saat pertama kali diberikan oleh pemerintah Hindia Belanda.
“Mungkin kita perlu mempertimbangkan untuk menamai kawasan ini seperti dulu dinamai. Seperti yang tertulis di belakang ini, Batavia,” jelas Anies.
Adapun tujuan dari perubahan nama tersebut bertujuan agar lebih mudah dicari. Karena sebenarnya terdapat banyak nama kota tua di Indonesia salah satunya adalah kota tua semarang.
Kalau googling nulis Kota Tua itu keluarnya banyak sekali. Karena kota tua banyak betul,” kata Anies.
Namun, Anies akan tetap mengundang para ahli sejarah dan ahli lainnya untuk rencana pengubahan nama tersebut. Jika usulan tersebut diterima, nantinya orang-orang hanya tinggal mengetikkan ‘Batavia’ saja.
“Begitu nulis Batavia ketemunya satu titik ini, tidak ketemu titik-titik yang lain. inilah yang disebut Batavia,” ujarnya.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *