Wisata Air yang Mengagumkan dengan Mata Air Super Jernih: Telaga Situ Tirta Marta

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Wisata yang satu ini beralamat di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, kita menemukan destinasi wisata alam yang menakjubkan yaitu Telaga Situ Tirta Marta. Bukan hanya panorama alamnya yang cantik, telaga ini juga memiliki air yang sangat jernih sehingga sering menjadi pilihan utama untuk fotografi bawah air.

Keindahan dan Pesona
Mata air asli yang jernih dipadu dengan pohon-pohon rindang yang berdiri tinggi di sekitarnya, Situ Tirta Marta menjadi tempat yang sempurna bagi pengunjung yang mencari ketenangan di tengah alam bebas. Telaga ini memiliki ukuran kurang lebih satu hektar dan menjadi rumah bagi berbagai kehidupan air, menjadikannya tempat yang ideal untuk difoto dari dalam air.
Meski tampak sederhana dan alami, Situ Tirta Marta memiliki beberapa fasilitas seperti WC/Kamar Mandi, tempat santai seperti bangku atau kursi bambu, dan tong sampah. Ada juga puluhan warung kecil yang menyajikan kopi atau teh hangat dan makanan khas Purbalingga seperti mendoan.
Dukungan Masyarakat
Meski Situ Tirta Marta belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, masyarakat sekitar sudah sadar untuk menjaga dan memelihara area telaga ini. Hal ini menjadi bukti bahwa masyarakat setempat peduli pada keberlanjutan tempat wisata ini dan siap menyambut wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.
Peningkatan jumlah pengunjung dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa Situ Tirta Marta semakin dikenal dan disukai bukan hanya oleh masyarakat setempat tetapi juga oleh wisatawan dari daerah lain.
Fasilitas dan Transportasi
Untuk anda yang datang dari luar kota atau bahkan luar negeri, tak perlu khawatir, lokasi Situ Tirta Marta mudah diakses menggunakan alat pencarian di Google Maps. Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus untuk sampai ke Kutasari, lalu lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi lainnya hingga sampai di Desa Karangcegak, tempat Telaga Situ Tirta Marta berada.
Berwisata ke Situ Tirta Marta dijamin akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pastikan anda membawa peralatan kesehatan dan perlengkapan lainnya seperti kamera untuk mengabadikan momen indah anda di tempat ini. Selalu jaga kondisi diri anda dan ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini. (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *