Warung Kopi Keprok | Tempat Nongkrong Nuansa Alam

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Purwokerto, Waktu luang dan suasana yang tenang dan alami akan membuat pertemuan lebih berkesan dan menarik. Kali ini di Bumiayu, kami memperkenalkan tempat – tempat nongkrong yang menarik  di areal persawahan, sekaligus menenangkan dan memulihkan kesegaran tempat – tempat nongkrong.

Dengan  destinasi wisata Purwokerto yang berkembang pesat, tak heran  banyak bermunculan destinasi wisata kuliner baru di kota ini. Dari resto mewah yang menyajikan masakan Barat hingga restoran bergaya lama yang menyajikan makanan tradisional. Salah satu restoran khas Jawa dengan pemandangan alam yang nyaman untuk dikunjungi adalah Warung Kopi Keprok. Terletak di Jalan Raya Karanggintung. 0.5 Kedungmalang, Purwokerto, Jawa Tengah, Restoran ini menawarkan konsep menikmati masakan rumahan dalam suasana sederhana yang didekorasi dengan nuansa alam yang indah.

Dibuka pada Maret 2019, restoran ini benar-benar memanjakan para tamu yang ingin mengingat suasana  Jawa dan masakan tradisional yang membangkitkan nostalgia. Bangunan restoran berukuran sekitar 2000 m² dan sangat kental dengan arsitektur Jawa dengan limasan kayu. Terletak di area persawahan yang  sejuk di kaki Gunung Slamet. Di bagian depan terdapat area untuk memarkir kendaraan. Di bagian depan terdapat pintu dengan aksen batu alam yang diukir dengan tulisan “Warung Kopi Keprok”, yang seolah-olah menyambut tamu ketika mereka datang ke restoran.

Terdiri dari dua bangunan utama, terdapat sebuah rumah limasan yang difungsikan sebagai area dapur dan juga tempat untuk mengambil makanan. Konsep makan dimana pengunjung mengambil sendiri makanan yang akan disantap langsung dari dapur seperti ini rupanya menghadirkan kesan menarik bagi masyarakat. Beberapa menu makanan sudah tersaji di atas sebuah meja di area dapur, layaknya berada di rumah sendiri. Pada area dapur tersebut, terdapat aktifitas memasak yang dilakukan sehingga pengunjung juga dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan para pemasak yang sebagian besar adalah ibu – ibu. Lebih menarik lagi, konsep dapur serta alat memasak yang digunakan juga masih tradisional, menggunakan kayu bakar dengan tungku.

Saat memasuki bangunan utama restoran, dominasi elemen kayu pada dekorasinya seolah menambah suasana klasik. Elemen bata ekspos melengkapi dekorasi klasik di dalam bangunan utama, bangunan tua Joglo yang dibongkar. Ada banyak jendela di dinding, sehingga sirkulasi udara dan cahaya sangat baik. Hal ini menambah kenyamanan pengunjung saat menikmati sajian berkah. Set meja kayu bergaya klasik terlihat rapi di sudut ruangan. Dinding bata ekspos dihiasi dengan beberapa  lukisan dekoratif dan foto pemandangan alam yang indah. Lantai pedesaan dan lampu gantung klasik meningkatkan konsep dekorasi.

Dengan slogan “Medang Madang Jegang” yang berarti “Minum, Makan, dan Nongkrong” memberikan nuansa serasa dirumah sendiri. Teras belakang juga menjadi ruang makan bagi para tamu yang ingin melihat persawahan di sekitar restoran. Ada kolam dengan jembatan kayu di belakang bangunan utama, sehingga bisa merasakan suasana alam. 

Meski warung ini bernama Warung Kopi Keprok, tidak hanya bisa membeli kopi. Bahkan, menu yang membuat restoran ini paling terkenal adalah sego jangan (nasi sayur). Warung Kopi Keprok menawarkan berbagai macam sayuran yang biasa disiapkan di rumahan, antara lain lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, dan oseng-oseng gembus. Lauk pauk lezat lainnya antara lain ayam goreng, pindang goreng, telur dadar, tempe goreng, dan sambal terasi.

Menikmati hidangan khas jawa dengan nuansa ndeso dan diiringi musik klasik tentu menjadi pengalaman tersendiri. Selain itu, lokasi bangunan yang berada di pinggir persawahan yang menghadap ke Gunung Slamet semakin mempertegas suasana yang asri. Jika tidak ingin makan banyak, Warung Kopi Keprok memiliki beberapa menu utama seperti mendoan khas Banyumas dan pisang goreng. Sebagai teman makan pisang goreng, pengunjung bisa memesan menu Kopi Keprok atau  Teh tubruk.(/Bayu Raharjo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *