Waru Doyong, Replika Veslandet Norwegia

banner 468x60

PAGUYANGAN, KANGENTRAVELING.CO – Kabupaten Brebes tak cuma terkenal dengan telur asinnya saja yang mendunia tetapi exsotisme keindahan alamnya yang begitu menawan tidak ada di tempat lain memberikan kelebihan tersendiri bagi wisata alam yang ada di Kabupaten Brebes.

Waru doyong sejati bukan wisata dan sampai sekarang belum dikelola oleh pemerintah setempat tapi karena keindahannya yang begitu mempesona selayaknya di Veslandet Norwegia menjadikannya viral dan banyak dikunjungi wisatan.

Waru Doyong terletak di Brebes Selatan tepatnya di Desa Cipetung, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tak jauh dari pusat kota Bumiayu kurang lebih sejauh 15 km dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju ke waru doyong.

Tak ada yang tahu pasti kenapa dinamakan Waru Doyong. Sebutan Waru Doyong inilah yang diberika oleh warga sekitar desa cipetung menyebutnya. Sebenarnya lokasi ini hanyalah bukit yang mempunyai jurang dalam dan dibawahnya terdapat aliran sungai seperti Veslandet yang ada di bagian Norwegia.

Ketika kamu akan kesini akan memperlukan perjuangan yang ekstra untuk menikmati keindahan alamnya yang masih perawan. Karena lokasi ini belum dikelola maka akses jalanpun yang dilewati hanya jalan setapak yang sejatinya hanya bisa dilewati oleh sepasang kaki saja. Jalan yang dilewati ini merupakan jalan bagi para petani setempat untuk menuju ke kebun mencari pundi pundi rejeki. Sebenarnya pengunjung dapat membawa kendaraan roda duanya menuju sampai ke lokasi tetapi sangat tidak disarankan jika menggunakan motor matic dikarena jalan yang dilewati ekstrim berkelok – kelok dan naik turun.

Opsi kedua kamu bisa jalan kaki dengan kendaraan yang kamu bawa dititipkan dirumah warga setempat. Pastinya bagi yang suka tracking akan sangat menyenangkan tracking sambil menghirup udara segar dan memanjakan mata dengan panorama yang sangat menawan. Jika kamu tracking kurang lebih akan menempuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke lokasi.

Semenjak diposting oleh salah satu medi wisata lokal @lovebrebes diakun instagramnya Waru Doyong kini semakin diminati bagi wisatan anak muda sampai ke orang tua. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya akun instagram yang mengunggah fotonya berada di Waru Doyong. Kebanyakan yang datang kesini hanya untuk berswafoto untuk memenuhi kebutuhan untuk kepentingan media sosial agar tetap eksis, tak sedikit pula para pecinta alam yang mendirikan tenda untuk camping disini. 

Sebaiknya kamu kalo akan kesini disarankan pagi hari atau ketika cuaca sedang baik supaya tidak menyesal dikemudian hari. (/bayraharjo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *