Waktu Tempuh Pendakian Gunung Gede Pangrango

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung yang populer di kalangan pendaki Indonesia. Terletak di Jawa Barat, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan tantangan pendakian yang menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aspek penting dalam pendakian Gunung Gede Pangrango, seperti basecamp, jalur pendakian, akomodasi, transportasi dari Jakarta, dan biaya.

Basecamp
Sebelum memulai pendakian, pastikan Anda mendaftar di basecamp terlebih dahulu. Ada beberapa basecamp yang bisa Anda pilih, seperti:
1. Basecamp Cibodas: Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, basecamp ini merupakan pilihan yang populer bagi pendaki. Fasilitas yang tersedia di sini meliputi area parkir, kantin, kamar mandi, dan pos pendaftaran.
2. Basecamp Gunung Putri: Terletak di sebelah utara Gunung Gede Pangrango, basecamp ini menawarkan jalur pendakian yang lebih menantang. Fasilitas yang tersedia meliputi area parkir, kantin, dan pos pendaftaran.
Jalur Pendakian
Ada beberapa jalur pendakian yang bisa Anda pilih, di antaranya:
1. Jalur Cibodas: Jalur ini merupakan jalur pendakian yang paling populer dan ramai. Dari basecamp Cibodas, pendaki akan melewati beberapa pos peristirahatan sebelum mencapai puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Waktu tempuh pendakian melalui jalur ini sekitar 6-8 jam.
2. Jalur Gunung Putri: Jalur ini lebih menantang dan jarang dilalui oleh pendaki. Waktu tempuh pendakian melalui jalur ini sekitar 7-9 jam.
Akomodasi
Jika Anda ingin menginap sebelum atau setelah pendakian, ada beberapa akomodasi yang bisa Anda pilih di sekitar kawasan Gunung Gede Pangrango. Beberapa di antaranya meliputi:
1. Penginapan di Cibodas: Terdapat beberapa penginapan dengan harga yang bervariasi di sekitar kawasan Cibodas.
2. Campground: Jika Anda ingin menginap di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Anda bisa memilih untuk berkemah di beberapa area campground yang tersedia.
Transportasi dari Jakarta
Untuk mencapai Gunung Gede Pangrango dari Jakarta, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi berikut:
1.  Mobil pribadi: Waktu tempuh dari Jakarta ke Cibodas atau Gunung Putri sekitar 3-4 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.
2.  Bus: Anda bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus menuju Cianjur atau Sukabumi, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Cibodas atau Gunung Putri.
3.  Kereta api: Anda bisa naik kereta api dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Bogor, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Cibodas atau Gunung Putri.
Biaya
Berikut ini adalah beberapa estimasi biaya yang perlu Anda siapkan:
1.  Biaya masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango: Rp 20.000,- per orang (untuk penduduk lokal) dan Rp 150.000,- per orang (untuk wisatawan asing).
2.  Biaya parkir: Rp 5.000,- untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.
3.  Biaya penginapan: Mulai dari Rp 100.000,- per malam, tergantung pada jenis penginapan yang Anda pilih.
4.  Biaya transportasi: Bergantung pada jenis transportasi yang Anda pilih. Estimasi biaya transportasi dari Jakarta ke Cibodas atau Gunung Putri sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- per orang (pulang pergi).
Demikianlah informasi mengenai waktu tempuh pendakian Gunung Gede Pangrango dan beberapa aspek penting yang perlu Anda ketahui. Selamat mendaki dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan serta keselamatan selama pendakian! (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *