Umroh dan Wisata Religi: Mengetahui Tempat-Tempat Bersejarah yang Menakjubkan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Selama bulan Ramadan, umroh menjadi salah satu ibadah yang sangat diminati oleh umat muslim di seluruh dunia.

Terutama pada 10 hari terakhir Ramadan, banyak orang yang berharap bisa merasakan malam Lailatul Qadar di Tanah Suci.
Namun, selain fokus beribadah, kita bisa juga menggabungkan momen umroh dengan berwisata religi dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah serta mengetahui jejak-jejak perjuangan Islam di masa Nabi. 
Berikut adalah beberapa tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat umroh.

1. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat bersejarah di mana Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa untuk pertama kalinya setelah diusir dari surga. Di sana, kamu akan melihat tugu beton persegi empat setinggi delapan meter. 

Untuk mencapai puncak Jabal Rahmah, kamu harus berjalan menuju bukit setinggi 70 meter. Dari sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan sekitar yang sangat indah dan menenangkan hati.

2. Gunung Uhud

Gunung Uhud terletak di utara Madinah, dengan ketinggian sekitar 350 meter. Dahulu, tempat ini menjadi salah satu lokasi perang besar antara umat muslim dan tentara Quraisy.

Di sekitar Gunung Uhud, kamu bisa menemukan Masjid Al-Fash, makam para syuhada, dan lokasi dimana Rasulullah SAW menunaikan salat setelah Perang Uhud berakhir.

Kunjungan ke Gunung Uhud akan memberikan kesempatan besar untuk belajar tentang sejarah dan perjuangan umat muslim di masa lalu.

3. Masjid Quba

Masjid Quba terletak di pinggiran Madinah dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW.

Berdasarkan hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa shalat di Masjid Quba setara dengan pahala umroh.

Luangkan waktu untuk shalat di masjid ini dan rasakan atmosfer khusyuk yang berbeda.

4. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan dua masjid yang paling penting dan sakral dalam Islam. Kedua masjid ini termasuk ke dalam rukun Islam, dimana umat muslim wajib menunaikan ibadah haji dan umroh. Selain itu, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga memiliki arsitektur yang sangat megah dan indah. Jangan lupa untuk meluangkan waktu memandangi keindahan masjid-masjid ini saat umroh.

5. Gua Hira dan Gua Tsur

Gua Hira dan Gua Tsur adalah dua gua bersejarah yang terkait erat dengan kehidupan Rasulullah SAW.

Gua Hira merupakan tempat pertama kali Rasulullah SAW menerima wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril.

Sementara itu, Gua Tsur menjadi tempat persembunyian Rasulullah SAW dan Abu Bakar saat hendak hijrah dari Mekkah ke Madinah. Kedua gua ini menawarkan pengalaman wisata religi yang tak terlupakan.

6. Museum Makkah dan Madinah

Jangan lewatkan kunjungan ke Museum Makkah dan Madinah saat umroh. Di sini, kamu bisa mempelajari lebih banyak tentang sejarah Islam, kehidupan Nabi Muhammad SAW, dan peradaban umat muslim di masa lalu.

Selain itu, museum-museum ini juga menampilkan berbagai manuskrip, artefak, dan peninggalan bersejarah yang sangat menarik untuk dilihat.

Itulah beberapa tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat umroh. Pastikan untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperoleh ilmu, dan menghargai warisan budaya umat muslim yang luar biasa. Selamat menjalankan ibadah umroh dan semoga mendapatkan hikmah yang luar biasa. (*)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *