Tren Sleeper Bus di Indonesia: Makin Diminati atau Sepi?

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Bus Sleeper telah menjadi layanan baru di industri transportasi bus Indonesia dan telah menarik banyak perhatian publik sejak pertama kali diperkenalkan. Layanan ini menawarkan pengalaman yang unik kepada penumpang dengan memberikan perlakuan kelas premium ala hotel kapsul dalam perjalanan jarak jauh.

Sewaktu pertama kali diperkenalkan oleh Laksana di pameran GIIAS 2019, konsep bus sleeper ini langsung menjadi primadona. Berita tentang bus ini menjadi viral hingga ke luar negeri. Mengikuti sukses Laksana, karoseri besar lain seperti Adiputro, Tentrem, dan New Armada juga memperkenalkan desain bus sleeper mereka.
Direktur Komersial Laksana, Alvin Arman mengatakan, “Suites class ini pasarnya tetap terbatas, nggak sebanyak bus yang reguler. Jika untuk jarak dekat bus ini nggak praktis, dan untuk bus pariwisata juga sangat sedikit yang pakai. Suites class ini kan menyasar segmen menengah ke atas ya,”. Meski demikian, Laksana terus berinovasi dengan mengubah konfigurasi kursi dalam bus mereka.
Bus sleeper dirancang untuk memberikan pengalaman tidur berkualitas kepada penumpang sepanjang perjalanan. Kabin bus yang privat dan kursi yang dapat direbahkan sepenuhnya memungkinkan penumpang untuk tidur secara maksimal di dalam bus. Ketika tiba di tempat tujuan, penumpang akan merasa segar dan siap untuk melanjutkan aktivitas mereka.
Maka dari itu, tren bus sleeper ini patut untuk diperhatikan. Meski pasarannya terbatas dan tidak meledak-ledak, namun minat masyarakat akan pengalaman beda ini tetap ada. Terlebih bus ini mampu melayani perjalanan jarak jauh yang membutuhkan istirahat optimal. Hal ini juga menunjukkan bahwa transportasi darat masih bisa berinovasi dan menawarkan keunikan tersendiri.
Namun, perlu kita ingat juga bahwa tren bus sleeper ini memang lebih tepat untuk perjalanan jarak jauh dan target pasar menengah ke atas. Pengembangan dan perluasan layanan ini memerlukan penyesuaian untuk pasar yang lebih luas.
Masa depan tren bus sleeper ini tentu menarik untuk diikuti. Sebagai fasilitas transportasi publik, penting bagi operator dan regulator untuk melihat respons masyarakat dan mempertimbangkan kemungkinan peningkatan dan penyesuaian layanan ini untuk melayani kebutuhan penumpang dari berbagai latar belakang. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *