Tradisi Boyong Kenthong, Tandai Pergantian Lurah di Desa Penggarit Kabupaten Pemalang

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Acara parade budaya desa “Boyong Kenthong” dilaksanakan di desa Penggarit, kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang hari ini Minggu (31/10).

Boyong Kenthong adalah sebuah tradisi turun yang dilakukan oleh Desa Penggarit. Tradisi merupakan prosesi Penggantian Lurah atau Kepala Desa. 
Lurah yang purna tugas menyerahkan kenthongan yang dinamai “Nyai Gandrung Lulut” sebagai simbol kepada masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kemudian kenthongan tersebut diserahkan kepada lurah terpilih. 
Penyerahan kenthongan tersebut kepada lurah terpilih dengan cara di boyong atau diarak oleh masyarakat. Dari sinilah nama “Boyong Kenthong”  dijadikan nama tradisi. 
Berlokasi di Benowo Park tradisi Boyong Kenthong dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pemalang, Perwakilan Desa Wisata Se Jawa Tengah, dan juga masyarakat umum.
Tradisi Boyong Kenthong saat ini bukan hanya dijadikan sebuah ritual pergantian lurah semata. Namun dijadikan sebagai sebuah parade budaya desa yang bisa disaksikan oleh banyak orang.
Selain tradisi Boyong Kenthong dalam parade budaya desa ini juga dilaksanakan acara Sedekah Bumi dan Serabi Likuran untuk menambah kemeriahan acara. 
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *