Tips Traveling Saat Berpuasa Agar Tidak Batal

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Bagi sebagian besar umat Muslim ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan, karena ini merupakan bulan suci bagi mereka. Banyak pahala dan kebaikan yang didapatkan selama bulan tersebut.
Namun bulan ramadhan malah kadang dianggap sebagai penghalang bagi para traveler untuk bisa melakukan aktifitas karena kondisi tubuh yang lemah karena harus melakukan puasa.
Padahal kalian sebenarnya masih bisa loh untuk tetap traveling walau sedang melaksanakan ibadah Puasa. Nah tapi kalian wajib banget memperhatikan hal-hal yang bisa bikin puasa jadi batal. Berikut adalah tips traveling selama berpuasa.
1. Pilih Destinasi Wisata yang Tepat

Bagi penyuka wisata yang memacu adrenalin seperti naik gunung, menyelam, arung jeram atau yang semacamnya sebaiknya di hindari terlebih dahulu.
Pilihlah tempat wisata religi, museum atau masjid-masjid bersejarah yang bisa menambah wawasan kalian. Gunakan waktu pada saat sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa.
2. Sahur Bernutrisi

Makan pada saat sahur seharusnya lebih banyak makanan yang bernutrisi. Memiliki kandungan yang cukup untuk baik agar kita loyo saat siang hari.
Selain makanan bernutrisi kita juga disarankan untuk minum minuman seperti air putih, susu, dan juga vitamin agar menjadi tubuh tetap fit. Hindari minum air teh atau kopi karena itu bisa mengakibatkan kita mudah mengeluarkan cair dalam tubuh.
3. Minimalisasi Barang Bawaan

Traveling saat berpuasa sebaiknya kalian membawa barang-barang yang tidak terlalu banyak. Bawa saja perlengkapan secukupnya. Agar tidak terlalu repot dan menambah beban berat pada tubuh kita saat dibawa.
4. Siapkan Perbekalan

Membawa cemilan atau air mineral untuk persiapan kita berbuka puasa, barangkali kalian tidak sempat menemukan tempat makan saat waktu berbuka tiba.
Selain itu jika kita sedang traveling di daerah yang susah ditemukan makanan halal. Hal ini bisa menjaga-jaga agar kalian minimal bisa berbuka terlebih dahulu sembari mencari tempat makan.
5. Ketahui Waktu Sahur dan Berbuka

Seperti kita ketahui waktu sahur dan berbuka di setiap daerah memiliki waktu yang berbeda-beda. Untuk itu kalian wajib banget mengetahui waktu ditempat tujuan yang akan kalian datangi. Agar kalian tidak salah saat sedang melakukan sahur ataupun berbuka.
Kalian bisa mengunduh aplikasi atau mencari informasi jadwal imsakiyah di daerah tersebut sesuai dengan yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Agar puasa kalian tetap aman dan tidak bolong-bolong karena tidak mengerti waktu sahur dan berbuka.
Nah gimana nih menurut sobat traveler menurut kalian tips traveling saat puasa ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. (/hartamas)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *