Tips Traveling Disaat Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM, BUMIAYU – Akhir tahun biasanya musim penghujan sudah mulai tiba. Kadangkala itu menjadi penghambat untuk kita bisa jalan-jalan atau traveling ke tempat wisata. Apalagi bagi kalian yang suka traveling di alam terbuka. Hujan pasti sangat mengganggu kegiatan kalian bukan. Salah satunya adalah kondisi fisik yang melemah saat kita diguyur air hujan terus menerus. Meriang, flu, masuk angin dan lain-lain bisa jadi menghampiri kita.

Nah untuk menghindari kita mudah terserang penyakit saat traveling di musim hujan gwe punya tips nih buat sobat semuanya. Biar kita tetap bisa jalan-jalan tanpa harus takut sakit walaupun diguyur hujan sekalipun. Berikut 10 tips menjaga kesehatan saat musim hujan agar kita bisa tetap traveling.

1. Jaga Pola Makan

Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan kita perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Karena tubuh perlu kalori ekstra karena kondisi diluar suhunya rendah. Untuk itu kita perlu mengkonsumsi karbohidrat kompleks, bawang putih dan jahe, sayuran dan buah-buahan, serta makanan yang mengandung probiotik untuk menjaga kekebalan tubuh kita.

2. Lakukan Olahraga

Melakukan olahraga dimusim hujan kadang males juga yah gaes, tapi ini penting banget buat kalian agar kondisi tubuh tetap fit dan prima. Kalau misal males melakukan Gym kalian bisa juga cukup melakukan yoga atau senam ringan yang bisa dilakukan dirumah atau dikamar hotel yah gaes.

3. Tidur Yang Cukup

Buat kalian yang suka traveling, waktu tidur yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Karena selama kita traveling apalagi dimusim hujan seperti ini tubuh yang fit sangat diperlukan.

Tidur adalah salah satu cara paling ampuh untuk memulihkan kondisi tubuh kita setelah seharian beraktifitas. Jangan tidur terlalu larut malam agar keesokan harinya kita masih bisa melakukan lagi aktifitas traveling kita.

4. Rajin Cuci Tangan

Dimasa pandemi seperti ini cuci tangan menjadi hal yang wajib banget kita lakukan. Selain untuk menjaga kebersihan tangan juga menghindari kita dari penularan virus dan penyakit. 

Biasakan cuci tangan menggunakan sabun saat menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah dari toilet, atau memegang benda yang digunakan secara bersama-sama.

5. Lebih Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih sangat dianjurkan oleh para dokter, ini karena air putih bisa juga berfungsi sebagai detok yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh kita. Saat musim hujan bakteri dan virus berkembang biak lebih cepat untuk itu kita harus menyeimbangkannya dengan banyak mengkonsumsi air putih.

6. Tidak Jajan Sembarangan

Kondisi yang dingin membuat kita jadi cepat lapar. Apalagi pada saat traveling kita pasti bakalan banyak di goda oleh makanan khas dari daerah yang sedang kita kunjungi. Walaupun demikian kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Jangan jajan sembarangan dipinggir jalan. Kita harus melihat kondisi kebersihan warung dan lain sebagainya. 

7. Gunakan Pakaian Yang Hangat

Buat kalian yang sedang melakukan perjalanan baiknya gunakan pakaian yang lebih hangat seperti jaket, sweater, kaos lengan panjang dan celana panjang. Ini mencegah agar pada saat hujan datang kita tidak kedinginan dan menggigil.

8. Konsumsi Makanan Dengan Serat Tinggi

Selain makanan yang bergizi kalian juga sebisa mungkin makan makanan yang berserat tinggi seperti pisang, wortel, bayam, alpukat dan lain sebagainya.

9. Konsumsi Suplemen Tambahan

Saat kita melakukan traveling biasanya kondisi tubuh kita sedikit menurun karena faktor kelelahan. Nah tidak ada salahnya jika kalian mengkonsumsi suplemen tambahan atau vitamin C agar tubuh kita tetap terjaga imunitasnya. 

10. Gunakan Jas Hujan

Biasakan saat musim hujan kita sedia jas hujan untuk menghindari kita kehujanan ditengah perjalanan. Apalagi buat kalian yang suka bepergian menggunakan sepeda motor. Jas hujan sangat dibutuhkan agar air hujan tidak langsung terkena tubuh kita.

Demikian sepuluh tips untuk kalian yang senang traveling, agar tetap bisa bersenang-senang tanpa khawatir sakit saat musim hujan, semoga bermanfaat. (/rdl)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *