Tips Menggoreng Mendoan Agar Tidak Menyerap Banyak Minyak

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Mendoan menjadi salah satu camilan favorit yang dapat ditemui di berbagai penjuru Nusantara. Rasanya yang gurih dan bahan baku tempe yang mudah didapatkan menjadikannya camilan yang populer. 

Namun, ada satu masalah yang sering dihadapi dalam menggoreng mendoan yaitu adonan yang menyerap banyak minyak.
Berikut adalah tips menggoreng mendoan agar tidak menyerap banyak minyak.
Menyiapkan Bahan
Semula, siapkan dulu semua bahan bumbu sebelum membuat adonan tempe mendoan. Haluskan bawang putih, ketumbar, dan garam menggunakan cobek atau blender sampai benar-benar lembut. Kemudian, potong-potong daun bawang untuk menambah aroma dan penampilan yang cantik.
Membuat Adonan
Untuk membuat adonan mendoan, siapkan tepung terigu secukupnya. Selanjutnya, tambahkan bumbu halus, penyedap rasa, baking powder, serta air yang cukup agar adonan tidak terlalu encer maupun terlalu kental.
Menggoreng Mendoan
Dalam menggoreng mendoan, panggang di atas api sedang cenderung kecil. Penting untuk menggoreng makanan di minyak yang sudah benar-benar panas supaya gorengan tidak lembek dan menyerap terlalu banyak minyak.
Menggunakan Baking Powder
Menggunakan baking powder dalam adonan ternyata dapat membantu menjaga mendoan agar tidak berminyak. Baking powder dapat menghasilkan gelembung gas di sekitar adonan nantinya saat digoreng. Nah, gelembung gas inilah yang mencegah penyerapan minyak pada mendoan.
Dengan tips-tips di atas, diharapkan mendoan buatan Anda dapat menjadi lebih sehat dan tetap lezat. Selamat mencoba! (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *