Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Traveling

banner 468x60


SIRAMPOG, KANGENTRAVELING.COM –
Motion Sickness atau yang biasa kita sebut sebagai mabuk perjalanan merupakan kondisi dimana adanya reaksi tubuh yang mengalami gerak berlebihan hingga menimbulkan rasa mual.

Hal tersebut tentu terasa menyebalkan dan cukup mengganggu aktivitas kalian selama perjalanan berlangsung.

Penyebab mabuk terjadi akibat reseptor sensorik tubuh kebingungan karena kondisi tubuh yang tidak seimbang yang akhirnya menimbulkan rasa mual atau bahkan muntah.

Berikut tips untuk mengatasi mabuk perjalanan yang bisa kalian terapkan sobat traveler :

1) Hindari mengkonsumsi makanan berat sebelum perjalanan. Pilihlah camilan.

2) Pilih posisi duduk yang membuat mata leluasa memandang lurus searah jalan, atau posisi duduk yang minim guncangan. Misalnya, duduk di samping sopir jika melakukan perjalanan dengan mobil, atau duduk di kursi yang bersampingan dengan sayap jika Anda naik pesawat terbang, serta mengambil posisi di geladak saat naik kapal laut.

3) Jika Anda naik kereta api atau kapal laut, jauhi tempat-tempat yang sering mengeluarkan bau khas, seperti kafetaria atau ruang mesin. Hal ini untuk mencegah indera penciuman terus-menerus bekerja dalam mengendus bau yang dikeluarkan, yang dapat memicu gejala mabuk.

4) Beristirahat yang cukup sebelum mulai berpergian.

5) Ketika sudah merasa tidak enak badan, pusing, atau mual, usahakan untuk segera membaringkan diri dan memejamkan mata sampai gejala yang dirasakan mereda.

6) Jika Anda merasa haus di tengah perjalanan, konsumsilah air putih atau minuman segar, misalnya jus jeruk. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol.

7) Hindari membaca buku atau menatap layar gadget saat kendaraan sedang melaju.

Demikian tips menghindari mabok perjalanan agar traveling kita tetap menyenangkan. Semoga bermanfaat.


kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *