Tips Mendaki Untuk Para Pemula, Agar Bisa Sampai Puncak

banner 468x60

(Photo: instagram/randy_nv)

KANGENTRAVELING.COM, BUMIAYU – Belakangan terakhir ini kegiatan outdoor semakin banyak digandrungi oleh kalangan muda. Terlebih di zaman media sosial seperti sekarang ini. Berburu spot foto keren nan instagramable di alam bebas menjadi salah satu tujuan paling dicari. Walaupun dengan berbagai macam resiko mereka tetap mengenjarnya demi sebuah konten, like followers atau ikut-ikutan saja seperti yang lainnya. Salah sarunya ada gunung. 

Gunung adalah spot foto yang tidak ada habisnya untuk diexplore. Banyak lokasi-lokasi yang eksotis untuk pengambilan sebuah gambar. Walaupun kadang untuk menggapainya kita perlu perjuangan yang sangat extra.

Nah buat para pemula yang ingin naik gunung ada baiknya kalian bisa melakukan persiapan ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan saat melakukan pendakian.
Memilih Gunung Yang Tepat
Gunung memiliki ketinggian yang berbeda-beda, karakter jalur pendakiannya pun tidak sama. Ada yang panjang, landai, ada juga yang curam dan terjal.
Sebelum melakukan pendakian seharusnya kalian pahami dulu informasi yang tepat tentang gunung yang akan kalian tuju untuk melakukan pendakian. Jangan sampai karena saking semangatnya kalian asal saja mendaki. Nanti justru kalian malah tidak sampai tujuan karena kamu harus kerepotan sendiri ditengah perjalanan akibat tidak kuat melanjutkan pendakian.
Melakukan Persiapan Pendakian
Selain mencari gunung yang tepat kalian juga seharusnya melakukan persiapan yang matang. Mulai dari persiapan fisik, mental, team, peralatan dan juga perbekalan.
Persiapan fisik sangatlah penting. Karena kita akan melakukan perjalanan yang tidak sebentar. Hampir berjam-jam kita berjalan, tidak ada ojek ataupun taxi online yang bisa kita pesan dengan mudah melalui aplikasi.
Kesiapan fisik juga harus diikuti dengan mental yang siap. Karena banyak hal yang tidak terduga saat kita melakukan pendakian. 
Usahakan kamu bergabung bersama team yang bisa membantu kalian diperjalanan, bukan malah mempersulit kamu atau bahasa kerennya merepotkan orang lain. 
Selain itu peralatan dan perbekalan juga menjadi salah satu persiapan yang wajib banget kamu pertimbangkan. Karena itu yang akan mendukung dan menunjang kalian saat melakukan pendakian di Gunung. 
Peralatan yang menunjang kalian dalam perjalan juga sangat berpengaruh pada kenyamanan kalian. Jangan sampai kalian sudah bawa berat justru peralatan tersebut tidak bisa dipakai dengan maksimal. Salah satu contoh sudah berat-berat bawa tenda ternyata framenya ketinggalan.
Membawa Teman Yang Sudah Berpengalaman
Teman dalam pendakian adalah satu dari berbagai macam hal yang menjadikan pendakian kamu lebih nyaman dan menyenangkan atau tidak. Karena selama perjalanan hanya merekalah yang kamu bisa ajak berkordinasi, ajak ngobrol dan lain-lain.
Jika teman kamu kurang berpengalaman ditakutkan pendakian kalian malah justru merepotkan banyak orang, salah satu contoh adalah tersesat.
Membawa Bekal Secukupnya
Perbekalan dalam pendakian harus dihitung betul untuk meminimalisir kekurangan dan menjaga beban berlebih. Di gunung tidak ada warung pecel lele atau warung yang berjejer seperti dipinggir jalan. Kecuali di Gunung Lawu ada warung Mbok Yem yang berada di ketinggian 3.150 mdpl atau cuman selisih 115 mdpl dari puncak lawu.
Patuhi Tata Tertib Pendakian

Ini adalah hal yang biasa kurang diperhatikan oleh para pendaki. Kadang mereka asal saja saat mendaki tidak memperhatikan tata tertib pendakian. Disetiap gunung hampir semuanya memiliki tata tertib. 
Selain tata tertib ada juga tata krama atau etika sesuai dengan adat istiadat yang ada di daerah sekitar itu. Hal tersebut biasa dipercayai oleh masyarakat sekitar agar kita selamat sampai tujuan dan pulang juga dalam kondisi sehat.
Kalian juga harus patuhi kode etik seorang petualang yaitu, Jangan mengambil apapun kecuali gambar, jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak, jangan membunuh apapun kecuali waktu. (/rdl)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *