Tips Ampuh Mengatasi Kantong Jebol Saat Traveling

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM, BUMIAYU – Berwisata seolah menjadi kebutuhan primer di era industri 4.0 dimana manusia disibukan dengan segudang aktivitas yang menyita waktu dan tenaganya. Tidak heran jika kegiatan wisata bukan lagi  menjadi kebutuhan tersier tapi menjadi kewajiban khusus karena otak perlu refresh setelah dipaksa bekerja secara terus menerus tanpa henti.

Akan tetapi, kembali kepada tujuan awal bekerja adalah mengumpulkan pundi-pundi uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantas bagaimana kita bisa berwisata dan membangkitkan semangat dalam bekerja jika uang yang kita kumpulkan dengan susah payah terbuang melebihi batas ambang yang disiapkan? bukan otak semakin fresh tapi justru semakin setres karena harus bekerja lebih keras menutup uang yang habis terbuang karena berwisata.

Nah, mimin punya tips buat kalian agar keuangan tetap aman dan tidak membuat kantong kalian jebol sob, berikut rangkumannya :

Bawa Bekal Sendiri Dari Rumah

Cara terampuh untuk mengatasi adanya kantong jebol adalah dengan  membawa bekal dari rumah bak orang piknik. Alasan tersebut berlaku untuk destinasi wisata dengan penjual makanan yang mematok harga lebih tinggi dari biasanya.

Karena ditinjau dari beberapa tempat wisata memang benar adanya. Bahwasanya kenaikan harga produk terutama makanan itu benar kadang bisa lebih mahal dari biasanya. Kalau sobat traveler sayang sama uang sobat, alangkah baiknya mempertimbangkan apakah harus membawa bekal sendiri atau tetap memaksakan diri dan mengeluarkan uang lebih untuk membayar sesuap nasi yang di rumah saja ada dan gratis.

Selain menghemat pengeluaran, uang yang seharusnya dikeluarkan bisa juga kalian tabung apabila anggaran yang ditetapkan khusus untuk berwisata mengalami kelebihan. Jadi, selain sobat bisa menikmati keindahan dan merefresh diri sobat semua, pun kita masih bisa belajar menabung.

Mengajak Teman yang Banyak

Mungkin banyak dari kalian yang menyangkal bahwa pendapat ini salah. Namun, jika ditinjau lebih dalam sebenarnya membawa kawan dalam jumlah banyak justru menguntungkan. 

Banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan seperti mempererat pertemanan, mengobati rindu karena sudah sibuk sendiri-sendiri melakukan segala pekerjaan dan aktivitas masing-masing, dan yang pasti mampu menangkal kejebolan kantong dengan cara patungan untuk beberapa hal yang dianggap mahal.

Tidak perlu gengsi atau minder mentang-mentang sudah memiliki pekerjaan tapi masih patungan. Tidak ada nilai lebih yang dipatok untuk orang-orang yang tidak suka patungan. Semakin banyak teman makan jumlah uang yang digunakan untuk patungan per orang pun semakin sedikit karena disokong bersama.

Memakai Kendaraan Pribadi

Walaupun kendaraan umum dinilai lebih terjangkau juga ekonomis tapi apabila dibandingkan dengan kendaraan pribadi justru lebih murah meriah kendaraan sendiri, ini dilihat dari pengeluaran bensin pemakain pribadi dengan ongkos angkutan umum. Apalagi jika angkutan umum yang digunakan lebih dari satu, wuh siap-siap saja kantog kalian akan terkuras kering dan uang kalian akan habis di jalan sebelum sampai di tujuan.

Kalau tidak percaya bisa kalian praktikan sendiri sob. Keuntungan memakai kendaraan pribadi tidak hanya pada ongkos akan tetapi pada waktu dan keleluasaan drivernya. Kita bisa berhenti atau mampir kesana kamari tanpa harus memikirkan hal-hal lain seperti ongkos tambahan.

Pilih Tempat Wisata yang Tidak Terlalu Jauh

Memilih tempat wisata juga penting dalam manajemen keuangan kalian. Semakin dekat jaraknya semakin kecil juga biaya perjalanan yang dikeluarkan. Karena biasanya biaya perjalanan terpatok lebih  besar dibandingkan biaya di lokasi tujuan.

Biaya perjalanan meliputi bensin, kerusakan kendaraan yang tidak dapat diprediksi, mampir jika ingin ke wc untuk sekedar buang air kecil atau buang air besar. Dan yang terpenting semuanya itu tidak gratis.

Pilih Tempat Wisata yang Murah

Destinasi wisata murah bukan berarti murahan, kalian harus bisa membedakannya yah sob. Meskipun kualitas sesuai harga tapi masih banyak tempat eksotis yang bisa dijadikan obyek wisata murah seperti perbukitan yang disulap sedemikian rupa atau lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi tips yang bisa kalian praktikan terlepas dari tips yang sudah disebutkan tadi di atas. Jebolnya kantong juga dipengaruhi oleh individunya sendiri. Mau bagaimanapun keadaannya jika jiwanya terbentuk sebagai seseorang yang menyayangi uang maka ia mampu memanaj uangnya dengan baik.

Penulis: Erinanda Dewi
Editor: Ridlo 

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *