Tinggi Gunung Everest Bertambah Nyaris 1 Meter, Mengapa?

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet, namun letak puncaknya berada di Tibet.
Gunung Everest merupakan top high mountain in the world, timbul kisruh mengenai tinggi Everest yang sebenarnya. Sudah bertahun-tahun lamanya China dengan Nepal memperdebatkan hal tersebut.
Nepal sebelumnya mengukur tinggi Everest sebagai 29.028,87 kaki (8.848 m), sedangkan China memiliki ketinggian 29.017,16 kaki (8.845 m).
Namun, Everest kini disebut lebih tinggi 0,86 meter daripada sebelumnya, yakni menjadi 29.032 kaki atau 8.848,86 meter. Ini merupakan hitungan secara resmi antara Nepal dan Tiongkok setelah sebelumnya kedua negara itu memiliki perbedaan hitungan ketinggian Gunung Everest. 
China dan Nepal kini sepakat memperbarui ketinggian untuk Gunung Everest, atau mengakhiri perselisihan tinggi puncak Gunung Everest dalam beberapa tahun terakhir.
Perubahan tinggi gunung ini merupakan gejala alam yang memang benar adanya, gempa bumi termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi ketinggian sebuah gunung.
Pertumbuhan bisa saja muncul secara tiba-tiba, yang disebabkan oleh perubahan lempeng bumi. Gempa bumi juga bisa menyebabkan bebatuan Himalaya bergerak dan tumbuh ke atas seperti Gunung Everest.
Namun terkait fenomena itu gunung tidak selalu menjadi lebih tinggi selama proses gempa bumi. Bergantung pada bagaimana tanah di sekitar gunung bergerak. Gempa bumi bahkan bisa menyebabkan gunung menyusut.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *