Tiket Pesawat Masih Mahal, Erick Thohir Beri Penjelasan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan bahwa harga tiket pesawat di Indonesia masih cukup mahal. Hal ini disebabkan oleh minimnya jumlah pesawat yang dioperasikan oleh berbagai maskapai penerbangan di Tanah Air. Menurut Erick Thohir, jumlah ideal pesawat yang dibutuhkan oleh Indonesia adalah sekitar 720 pesawat.

Saat ini, total pesawat yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan di Indonesia hanya sejumlah 550 armada. Dengan demikian, Indonesia masih membutuhkan tambahan sekitar 170 pesawat untuk mencapai jumlah ideal. Erick menilai bahwa kekurangan jumlah pesawat ini berdampak pada harga tiket pesawat yang tinggi dan juga harga logistik yang dikirim melalui moda transportasi udara.
“Jadi masih ada gap, itulah kenapa sekarang tiketnya masih agak tinggi. Itu juga mengimbangi logistik, nah itu kenapa tadi saya bilang lebih baik Garuda membantu menekan harga tiket dengan sistem logistik yang lebih baik antara people dan barang, lebih fokus ke domestik,” ungkap Erick.
Sebagai perbandingan, Amerika Serikat (AS) telah mengoperasikan sekitar 7.200 pesawat terbang, angka ini dinilai ideal mengingat jumlah penduduk AS adalah sekitar 300 juta jiwa.
Sementara itu, total penduduk Indonesia sekitar 280 juta jiwa, oleh karena itu penambahan pesawat di Tanah Air menjadi kebutuhan yang mendesak.
Menteri BUMN mengharapkan bahwa dengan peningkatan jumlah pesawat dan sistem logistik yang lebih baik, harga tiket pesawat di Indonesia bisa ditekan sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat. Hal ini tentu akan menjadi berita baik bagi industri penerbangan dan para pengguna jasa transportasi udara di Indonesia.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *