Tiket Masuk dan Penyebrangan Pulau Nusa Kambangan, Cilacap: Pesona Tersembunyi di Balik Penjara

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Salah satu objek wisata yang menarik di Cilacap adalah Pulau Nusa Kambangan. Terkenal sebagai tempat para narapidana kelas kakap, pulau ini disebut-sebut sebagai Alcatraz-nya Indonesia. Walaupun terkenal karena penjaranya, Nusa Kambangan memiliki pesona yang indah dan menawarkan beragam fasilitas wisata alam.

Penyebrangan ke Pulau Nusa Kambangan
Untuk mencapai Pulau Nusa Kambangan, Anda harus menyeberang dari pantai utama Cilacap. Penyeberangan dapat dilakukan menggunakan perahu motor yang disediakan oleh pemerintah setempat atau pihak swasta. Tarif penyeberangan ini bervariasi, tergantung pada jenis perahu dan waktu perjalanan. Sebelum menyeberang, pastikan untuk mengecek terkait rekomendasi waktu penyebrangan dari pihak berwenang.
Untuk dapat menikmati berbagai keindahan di pulau ini, anda harus membayar tiket masuk. Pertama, anda harus membayar HTM (Harga Tiket Masuk) Teluk Penyu seharga Rp10.000 per orang. Selanjutnya, anda harus menyewa perahu dengan biaya sebesar Rp35,000 untuk menyeberang ke Pulau Nusa Kambangan.
Namun, perlu diingat bahwa harga ini bisa berubah sewaktu waktu, dan jika penumpang kurang dari 4 orang, tarif perahu bisa menjadi lebih mahal. Oleh sebab itu, persiapkanlah uang lebih untuk memastikan liburan anda berjalan lancar.
Objek Wisata di Pulau Nusa Kambangan
Dibalik keangkerannya karena penjaranya, Nusa Kambangan menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih dengan pesona alamnya yang indah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan Benteng Klingker yang merupakan situs bersejarah dan menjadi salah satu daya tarik wisata di pulau ini.
Pantai-pantai di Pulau Nusa Kambangan seperti Pantai Karang Pandan, Rancah Babakan, Kalipat, Permisan, dan Kali Kencana menawarkan panorama alam yang masih asli dan mempesona. Keindahan pasir putih pantai-pantai ini, yang letaknya cukup jauh dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, semakin memperkuat pesona Pulau Nusa Kambangan.
Terlepas dari keangkeran Pulau Nusa Kambangan, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini untuk berbagai alasan, seperti melihat pantainya yang indah, mengeksplorasi benteng bersejarah, atau sekadar menikmati pengalaman unik berkunjung ke “Alcatraz-nya” Indonesia.
Sebagai wisatawan yang ingin bertualang ke Pulau Nusa Kambangan, pastikan untuk menjaga lingkungan alam yang ada di sana dan menghargai budaya serta adat istiadat setempat.
Berlibur ke Pulau Nusa Kambangan bukan hanya soal menikmati keindahan alamnya. Pengalaman menyeberangi laut dan berjalan kaki menelusuri hutan Nusa Kambangan akan memberikan anda kenangan tidak terlupakan.
Tidak dapat dipungkiri, narapidana kelas berat yang dimasukkan ke pulau ini seringkali menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa wisatawan. Namun, perlu diingat bahwa tujuan utama berkunjung ke Pulau Nusa Kambangan adalah untuk menikmati dan menghargai keindahan alamnya, bukan untuk melihat penjara.
Pantai Nusa Kambangan menawarkan pesona yang luar biasa bagi wisatawan yang ingin mencicipi pengalaman berbeda. Bagi anda yang suka petualangan dan alam, Pulau Nusa Kambangan bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *