Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Wayang Jakarta

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Museum Wayang Jakarta, meski tidak sepopuler monumen ikonik lainnya di Jakarta, tetap merupakan destinasi yang menarik dan bersejarah.

Museum ini menawarkan pandangan yang unik tentang sejarah dan budaya Indonesia melalui karya-karya seni wayang yang dipamerkan.
Sejarah Museum Wayang
Awalnya, Museum Wayang adalah gedung gereja yang dibangun oleh VOC Belanda pada tahun 1640 dengan nama De Oude Hollandsche Kerk. Setelah rusak karena gempa pada tahun 1912, gedung itu dibangun kembali untuk digunakan oleh perusahaan Geo Wehry & Co.
Namun, setelah 24 tahun, gedung ini ditetapkan sebagai monumen dan dibeli oleh Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Pada tahun 1968, museum ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, dengan nama Museum Wayang.
Lokasi dan Jam Operasional
Museum Wayang Jakarta berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Museum ini buka setiap Selasa hingga Minggu dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dan tutup pada hari Senin dan hari libur nasional.
Tiket Masuk
Harga tiket masuk ke Museum Wayang bervariasi, tetapi pembayaran hanya dapat dilakukan secara nontunai dengan menggunakan kartu Jakcard. Berikut adalah detail harga tiket untuk tahun 2023:
  • Tiket individu: Dewasa Rp5.000 per orang, Mahasiswa Rp3.000 per orang, Anak-anak/Pelajar Rp2.000 per orang
  • Tiket rombongan: Dewasa Rp3.750 per orang, Mahasiswa Rp2.250 per orang, Anak-anak/Pelajar Rp1.500 per orang
Aktivitas dan Fasilitas Museum Wayang
Museum Wayang Jakarta menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung, seperti pameran koleksi wayang, pagelaran wayang, dan workshop membuat wayang. 
Fasilitas yang ada di Museum Wayang termasuk ruang pameran, lorong topeng, ruang wayang mancanegara, ruang pagelaran, dan perpustakaan, di antara lainnya.
Di tengah keramaian dan kebisingan Jakarta, Museum Wayang membawa pengunjung ke dalam dunia seni dan budaya yang tenang dan menenangkan.
Dengan harga tiket yang terjangkau dan berbagai pilihan aktivitas, Museum Wayang merupakan destinasi yang sempurna untuk menghabiskan hari yang santai dan mengedukasi. (*)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *