Thai Pak Kung: Klenteng Raksasa Singkawang

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Halo Sobat Travellers! Pernah denger tentang Klenteng Thai Pak Kung di Singkawang, Kalimantan Barat? Belum? Yuk, kita jelajahi bersama!

Thai Pak Kung: Raksasa di Tanah Seribu Klenteng
Singkawang kerap dijuluki sebagai Kota Seribu Klenteng, dan tak heran mengapa. Kota ini memang memiliki ratusan klenteng dengan beragam ukuran dan usia yang tersebar di setiap sudut kota.
Salah satu yang sangat terkenal dan mengesankan adalah Thai Pak Kung, yang berlokasi di Jalan Sanggau Kulor, Singkawang Timur. Jaraknya sekitar 157 km dari pusat Kota Pontianak, dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Tapi percaya deh, perjalanannya bakalan sebanding dengan keindahan yang ditawarkan Thai Pak Kung.
Kemegahan Thai Pak Kung
Walaupun letaknya di bukit dan jauh dari pemukiman, klenteng Thai Pak Kung ini justru tetap ramai dikunjungi wisatawan. Apa yang membuat tempat ini istimewa? Salah satu alasannya adalah arsitekturnya yang luar biasa.
Dibangun dengan detail yang teliti, klenteng ini ditandai dengan arsitektur dan ukiran naga yang menghias atap dan tangga, konon dipesan langsung dari Singapura lho! Ornamen warna merah, hijau, dan emas di langit-langitnya semakin menambah kental nuansa budaya Tionghoa yang ada di klenteng ini.
Uniknya Thai Pak Kung
Tau gak, kalau di bawah anak tangga ini, kamu bisa menemukan wihara kecil yang sudah ada sebelum Thai Pak Kung dibangun? Wihara ini masih aktif digunakan untuk tempat sembahyang. Jadi, selain berfoto, kamu juga bisa menyalakan dupa di pelatarnya.
Frans, warga Singkawang, berbagi bahwa air yang ada di ember merah yang tergantung di iring-iringan itu adalah air suci, yang biasa dipakai untuk menyiram para tatung saat mereka beratraksi.
Mengunjungi Thai Pak Kung
Jadi, kalau kamu merencanakan liburan ke Singkawang, jangan lupa mampir ke Thai Pak Kung ya! Paling oke kalau kamu memakai topi dan sepatu yang nyaman saja. Bukan hanya karena cuaca yang bisa panas, tapi juga biar kamu bisa menjelajahi klenteng ini dengan nyaman.
Memang sih, Singkawang tidak hanya soal klenteng, tapi keberadaan klenteng-klenteng di kota ini, termasuk Thai Pak Kung, adalah bukti keberagaman dan toleransi yang kita miliki sebagai bangsa. Yuk, kita jaga dan lestarikan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *