Tandon Air Stasiun Cikampek untuk Pengisian Kereta Api Uap: Bangunan Super Antik yang Dibangun pada 1894, Tidak Terawat dan Tidak Direnovasi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Indonesia memiliki sejarah yang kaya dalam bidang transportasi, terutama kereta api. Salah satu contoh bangunan bersejarah yang terkait dengan kereta api adalah tandon air stasiun Cikampek.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1894 dan memiliki fungsi untuk mengisi air pada kereta api uap. Sayangnya, bangunan ini kini tidak terawat dan tidak direnovasi. Artikel ini akan membahas sejarah, keunikan, dan tips untuk melestarikan bangunan ini.
Sejarah Tandon Air Stasiun Cikampek
Tandon air stasiun Cikampek dibangun pada tahun 1894, pada masa kolonial Belanda. Bangunan ini merupakan bagian dari Staatsspoorwegen (SS), perusahaan kereta api milik pemerintah Hindia Belanda. Tandon air ini memiliki fungsi untuk mengisi air pada kereta api uap yang melintas di jalur tersebut.
Kereta api uap merupakan teknologi transportasi yang banyak digunakan pada masa tersebut. Kereta api ini menggunakan uap air yang dipanaskan untuk menggerakkan mesin dan menghasilkan tenaga. Oleh karena itu, tandon air sangat penting untuk menjaga kereta api uap tetap beroperasi.
Keunikan Tandon Air Stasiun Cikampek
Tandon air stasiun Cikampek merupakan salah satu bangunan bersejarah yang masih ada hingga saat ini. Bangunan ini memiliki beberapa keunikan, di antaranya:
1. Arsitektur bangunan: Bangunan tandon air ini memiliki arsitektur khas masa kolonial Belanda. Bentuk bangunan ini unik dan menarik, dengan ornamen yang khas. Bangunan ini juga menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti batu bata merah dan besi yang tahan lama.
2. Fungsi bangunan: Tandon air ini memiliki fungsi yang sangat penting pada masa itu, yaitu untuk mengisi air pada kereta api uap. Bangunan ini dilengkapi dengan pipa-pipa besar yang menghubungkan tandon air dengan kereta api. Selain itu, tandon air ini juga dilengkapi dengan pompa air yang digunakan untuk mengisi air ke dalam tandon.
3. Lokasi bangunan: Tandon air ini terletak di stasiun Cikampek, yang merupakan salah satu stasiun kereta api yang cukup ramai pada masa itu. Lokasi ini strategis karena berada di jalur utama kereta api yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Kondisi Tandon Air Stasiun Cikampek saat ini
Sayangnya, tandon air stasiun Cikampek saat ini tidak terawat dan tidak direnovasi. Beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini, di antaranya:
1. Kurangnya perhatian dari pemerintah: Pemerintah belum memberikan perhatian yang cukup untuk melestarikan bangunan bersejarah ini. Hal ini terlihat dari kurangnya anggaran dan kebijakan yang ditujukan untuk merawat dan merenovasi bangunan ini.
2. Kurangnya kesadaran masyarakat: Masyarakat sekitar belum memiliki kesadaran yang cukup tentang pentingnya melestarikan bangunan bersejarah ini. Hal ini terlihat dari banyaknya vandalisme dan sampah yang berserakan di sekitar bangunan.
3. Pergeseran fungsi bangunan: Seiring dengan perkembangan teknologi, kereta api uap sudah tidak digunakan lagi dan digantikan oleh kereta api listrik. Oleh karena itu, fungsi tandon air ini menjadi tidak relevan lagi.
Tips untuk Melestarikan Tandon Air Stasiun Cikampek
Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melestarikan tandon air stasiun Cikampek:
1. Lobby pemerintah: Masyarakat dapat melakukan lobby kepada pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap bangunan ini. Hal ini dapat dilakukan melalui surat terbuka, petisi, atau diskusi dengan pihak terkait.

2. Kampanye kesadaran masyarakat: Masyarakat dapat melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan bangunan bersejarah ini. Kampanye ini dapat dilakukan melalui sosial media, seminar, atau kegiatan lainnya.
3. Pemanfaatan bangunan untuk kegiatan positif: Bangunan tandon air ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif, seperti tempat belajar sejarah, galeri seni, atau tempat pertunjukan budaya. Hal ini akan membuat masyarakat lebih menghargai dan menjaga bangunan ini.
4. Penggalangan dana: Masyarakat dapat menggalang dana untuk merawat dan merenovasi bangunan ini. Dana ini dapat digunakan untuk membersihkan bangunan, memperbaiki kerusakan, dan melakukan renovasi yang diperlukan.
Tandon air stasiun Cikampek merupakan bangunan bersejarah yang memiliki nilai sejarah dan keunikan yang tinggi. Sayangnya, bangunan ini saat ini tidak terawat dan tidak direnovasi.
Untuk melestarikan bangunan ini, diperlukan peran aktif dari pemerintah dan masyarakat. Semoga artikel ini dapat meningkatkan kesadaran kita tentang pentingnya melestarikan bangunan bersejarah di Indonesia. (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *