Sulamadaha, Ternate – Maluku Utara: Spot Snorkeling Menakjubkan yang Langsung dari Tepi Pantai

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya adalah keindahan bawah laut. Salah satu tempat yang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan adalah Sulamadaha, Ternate, Maluku Utara. Sulamadaha merupakan spot snorkeling yang unik karena tidak perlu naik perahu untuk menikmati keindahan bawah lautnya, cukup langsung dari tepi pantai.

Cara Menuju Sulamadaha
Sulamadaha terletak di Kecamatan Sula, Kabupaten Ternate, Maluku Utara. Berikut adalah langkah-langkah untuk menuju ke lokasi Sulamadaha:
1. Tiba di Ternate: Terbang ke Bandara Sultan Babullah, Ternate. Bandara ini melayani penerbangan dari berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, dan Manado.
2. Menuju Sula: Dari Bandara Sultan Babullah, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau taksi menuju Kecamatan Sula. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit.
3. Menuju Sulamadaha: Setelah tiba di Sula, Anda bisa menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju lokasi Sulamadaha. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 10-15 menit.
Biaya dan Fasilitas
Untuk menikmati keindahan bawah laut di Sulamadaha, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, jika Anda ingin menyewa peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per set, tergantung pada kualitas peralatan yang Anda inginkan.
Fasilitas yang tersedia di Sulamadaha cukup lengkap, seperti toilet, kamar ganti, warung makan, dan tempat parkir. Namun, perlu diingat bahwa fasilitas ini mungkin tidak sebaik yang ada di tempat wisata yang lebih terkenal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan kebutuhan pribadi seperti handuk, air minum, dan makanan ringan.
Prosedur Snorkeling di Sulamadaha
Berikut adalah langkah-langkah untuk menikmati snorkeling di Sulamadaha:
1. Persiapan: Sebelum mulai snorkeling, pastikan Anda sudah mengenakan pakaian renang dan peralatan snorkeling yang sesuai. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya yang ramah lingkungan agar kulit Anda terlindungi dari sinar matahari.
2. Pemanasan: Sebelum masuk ke air, lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari kram otot saat snorkeling.
3.  Masuk ke air: Masuklah ke air dari tepi pantai dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak menginjak terumbu karang yang ada di sekitar pantai.
4. Mulai snorkeling: Setelah berada di air, mulailah snorkeling dengan mengikuti arus yang ada. Jangan terlalu jauh dari pantai agar Anda tetap aman.
5. Nikmati keindahan bawah laut: Nikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan di Sulamadaha. Anda bisa melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang indah.
6. Kembali ke pantai: Setelah puas snorkeling, kembali ke pantai dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak meninggalkan sampah atau merusak lingkungan saat snorkeling.
## Tips Menikmati Snorkeling di Sulamadaha
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat snorkeling di Sulamadaha:
1. Pilih waktu yang tepat: Waktu terbaik untuk snorkeling di Sulamadaha adalah saat air laut sedang surut. Hal ini karena keindahan bawah laut akan lebih terlihat jelas saat air laut surut.
2. Gunakan peralatan yang baik: Pastikan Anda menggunakan peralatan snorkeling yang baik dan nyaman. Hal ini penting agar Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan maksimal.
3. Jangan menyentuh terumbu karang: Saat snorkeling, jangan menyentuh atau menginjak terumbu karang karena hal ini bisa merusak ekosistem bawah laut.
4. Bawa kamera underwater: Jika Anda ingin mengabadikan keindahan bawah laut di Sulamadaha, bawalah kamera underwater yang bisa Anda gunakan saat snorkeling.
5. Jaga kebersihan: Pastikan Anda tidak meninggalkan sampah saat berkunjung ke Sulamadaha. Bawa kembali sampah yang Anda hasilkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.
Sulamadaha merupakan salah satu spot snorkeling yang menakjubkan di Ternate, Maluku Utara. Keunikan dari Sulamadaha adalah Anda bisa langsung snorkeling dari tepi pantai tanpa perlu naik perahu. Dengan biaya yang terjangkau dan keindahan bawah laut yang menakjubkan, Sulamadaha adalah tempat yang wajib Anda kunjungi saat berada di Ternate. Selamat menikmati keindahan bawah laut di Sulamadaha!
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *