Soto Entog Legendaris Kuliner Khas Pangandaran yang Rasanya Bikin Nagih

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Pangandaran yang terkenal dengan tempat wisatanya ini, juga memiliki surganya kuliner yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Satu di antara banyak hidangan yang patut dicoba adalah Soto Entog Legendaris. Warung Soto Entog ini terletak di kawasan Pasar Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.

Soto Entog Legendaris, Warisan Turun Temurun

Pada tahun 2023, soto entog legendaris ini dikelola oleh generasi ketiga bernama Saniah (49) asal Mangunjaya. Hidangan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang dan dikelola turun temurun oleh keluarga Saniah.

“Jualannya juga keliling jalan kaki,” cerita Saniah.

Kelezatan Soto Entog ini terletak pada bumbu alaminya. “Jadi, selain irisan daging entog yang empuk, kecapnya juga saya bikin sendiri. Terus, toge untuk toppingnya juga kita goreng dulu dan ditambah sambal tlenjeng,” ungkap Saniah.

Lezat Kendati Sederhana

Meski tempat masaknya masih menggunakan tungku kayu bakar dan tempatnya sangat sederhana, soto entog buatan Saniah ini diminati berbagai kalangan. “Terutama, orang – orang yang sering ke pasar, pasti mampir dulu ke saya,” tuturnya.

Di antara para pelanggan setianya, Diana (28) yang sudah berlangganan lama di warung soto Saniah. “Kalau ke pasar, pasti saya mampir dulu ke sini. Termasuk, kakak, orang tua saya dan tetangganya,” ucap Diana.

Menurut Diana, rasa soto entog ini sangat enak, gurih, dan lezat, terutama jika dinikmati dengan sambal pedas dan tambahan kepala entog. “Pokoknya enak pisan” kata Diana.

Jadi, apabila sedang mengunjungi Pangandaran, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Soto Entog legendaris ini. Selain menikmati keindahan alam dan wisata Pangandaran, kelezatan kuliner khas juga dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan. (*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *