Sosok Mbah Yuni, Pendaki 70 Tahun yang Rela Rogoh Kocek 10 Juta untuk Hobi Mendaki Gunung

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Mbah Yuni, nama yang baru-baru ini mencuri perhatian publik Indonesia karena kegigihannya dalam menaklukkan puncak-puncak gunung meskipun telah berusia 70 tahun.

viral di media sosial, Mbah Yuni membuktikan bahwa semangat juang tidak mengenal usia. Berbekal rasa cinta kepada alam dan hobi mendaki gunung, beliau rela mengeluarkan dana sebesar Rp 10 juta yang diperoleh dari usaha berdagang nasinya.
Dikenal sebagai pendaki tertua di Indonesia, nama asli Mbah Yuni adalah Wahyuni. Ia sempat viral pada tahun 2019 setelah berhasil mendaki Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan.
Berkat dedikasi dan semangat yang luar biasa, Mbah Yuni tidak segan-segan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendukung hobi naik gunungnya. 
Hingga kini, beliau telah mendaki berbagai puncak gunung, di antaranya Gunung Andong di Magelang, Gunung Raung di Banyuwangi, dan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Memiliki kesadaran penuh bahwa kesiapan fisik dan mental sangat penting untuk dapat mendaki gunung, Mbah Yuni berbagi cerita bahwa ia menghabiskan uang Rp 10 juta yang diperoleh dari usaha berdagang dan jualan kaos anaknya untuk mendaki Gunung Latimojong.
Uang tersebut digunakan untuk membiayai dirinya dan kedua anaknya, Endang Cahyo Wiroyowati dan Mohammad Menang Susilo, yang turut mendampingi Mbah Yuni dalam setiap pendakian yang dilakukan.
Mbah Yuni yang merupakan ibu dari 9 anak ini juga menyampaikan pesan penting kepada para pecinta alam di seluruh Indonesia.
Beliau mengajak untuk selalu menghargai alam dan menjaganya agar tetap lestari.
Kegigihan dan semangat Mbah Yuni dalam menaklukkan puncak-puncak gunung di usia senja seharusnya menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa usia bukanlah penghalang dalam meraih cita-cita, apalagi jika cita-cita tersebut sejalan dengan kelestarian lingkungan dan kecintaan terhadap alam. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *