Sore Itu di Waduk Sempor Kebumen

banner 468x60

KEBUMEN, KANGENTRAVELING.COM – Beberapa bulan lalu saya diajak seorang teman untuk mengunjungi rumahnya yang berada di daerha Gombong. Tujuannya ingin bersilaturhmi ke keluarga. Selain itu ada tujuan lain yaitu mencari gula asli Gombong yang katanya asli dan legi. 

Tapi sebenarnya bukan itu yang mau kita bahas kali ini. Namun saat perjalanan pulang dari rumah temen saya itu. Sayang kalau sudah pergi jauh-jauh kita nggak mampir dulu sejenak ke tempat wisata. 

Tempat pling direkomendasikan untuk saya kunjungi adalah waduk Sempor. Ya saya diajak kesebuah waduk yang jaraknya tak jauh dari rumah teman saya itu. Sekitar setengah jam perjalanan menggunakan mobil saya sudah sampai di area waduk. Namanya waduk Sempor, sebuah bendungan yang dirancang sejak tahun 1916 pada saat Indonesia dijajah oleh Belanda. Bahwasannya di daerah tersebut terindentifikasi cocok untuk pembangunan sebuah waduk.

Pada tahun 1950 pemerintah Indonesi melalui para ahli melanjutkan penelitiannya tentang lokasi waduk di daerah sempor ini. Pada tahun 1958 akhirnya pembangunan fisik waduk sempor mulai dibuat. Terhenti pada tahun 1967 karena waduk jebol yang mengakibatkan 127 korban jiwa, akibat tidak kuatnya waduk menampung kapasitas air.

Selanjutnya pada tahun 1968 waduk sempor kembali dibangun secara permanen. Setelah sepuluh tahun pembangunan akhirnya waduk sempor ini selesai dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987.

Sepanjang perjalanan mata saya menikmati betapa indahnya jalan yang saya lewati. Perbukitan dengan tebing-tebing nan indah menghiasi liak liuk jalanan menuju waduk Sempor. Sambil nyetir aku terus bergumam andaikan aku bawa kamera dengan lensa yang cukup pasti nggak bakalan cukup seharian saya mengahbiskan waktu disini karena jalannya cukup asyik untuk spot fotografi.

Sekitar pukul 16.00 wib saya dan teman tiba di waduk sempor. Baru pertama kali itu saya melihat waduk tersebut. Terletak di Desa Sempor, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Pemandangannya cukup indahnya. Kita bisa melakukan banyak kegiatan wisata disini seperti menaiki prahu mengelilingi waduk, bersepeda, jogging, atau buat yang suka mengayuh perahu (kano) juga ada. Selain itu ada juga speed boat, slowboat, bebek dayung dan fliying fox. Lengkap banget kan gaes.

Nah paling terakhir kayaknya nggak afdol kalau jalan-jalan kesebuah tempat wisata nggak nyobain kuliner khasnya. Saya diajak ke sebuah tempat makan Pondok Ikan bakar Pak Muh. Yang unik disini saung-saung tempat kita makan itu di atas kolam ikan.

Ikan bakar menjadi menu yang wajib banget kita cobain. Ada ikan nila, ikan gurame, ikan bawal dan masih banyak yang lainnya. Jangan lewatkan juga mendoan yang menjadi ciri khas kuliner disini yah gaes. Pokoknya lengkap banget deh perjalanan saya itu. Puas mata puas juga perutnya. (/rdl)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *