Semur Jengkol Betawi: Lezatnya Khas Nusantara

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Semur jengkol merupakan salah satu olahan khas Betawi yang populer di kalangan pecinta jengkol. Menu andalan ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin mencoba olahan jengkol yang lezat dan berbeda dari biasanya. Berikut kita akan membahas resep Semur Jengkol Betawi yang mudah dan lezat.

Bahan-Bahan
  • 300 gram jengkol tua, rendam air cucian beras semalaman
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • Rempah: kayu manis, cengkih bubuk, dan jinten
Langkah Pembuatan
  1. Rendam jengkol dengan air cucian beras semalaman, ini bertujuan agar bau jengkol lebih berkurang dan bumbu rempah bisa meresap ke dalam daging jengkol dengan lebih baik.
  2. Bersihkan dan buang kulit jengkol, kemudian rebus jengkol dengan bumbu rempah seperti daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkih bubuk dan jinten. Rebus hingga jengkol menjadi empuk, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Tumis jengkol rebus bersama bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat hingga harum dan menyerap bumbu.
  4. Masukkan air ke dalam tumisan jengkol, tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk rata dan masak hingga kuah mengental dan bumbu semur meresap ke dalam jengkol.
  5. Siapkan mangkuk saji, tuangkan semur jengkol ke dalam mangkuk dan taburi dengan bawang goreng atau seledri iris di atasnya. Sajikan semur jengkol hangat dengan nasi putih atau ketupat.
Resep Semur Jengkol Betawi ini sangat cocok disajikan bersama keluarga pada saat berkumpul. Sajian ini juga bisa menjadi alternatif untuk menambah variasi menu sehari-hari Anda. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *