Sejarah Singkat Ponpok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Periode Permulaan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM –  Pada tahun 1911 M, KH Kholil bin Mahalli merintis Pondok Pesantren Al Hikmah 1 setelah menuntaskan ilmunya di berbagai Pesantren dan yang terakhir belajar di Pesantren Mangkang Semarang. Beliau kembali dengan semangat untuk memperkenalkan agama melalui pengajian dari rumah ke rumah menggunakan metode “Bil Hikmah Wal Mauidhotil Hasanah” di daerah Benda.

Kelanjutan perintisan ini ialah pembukaan resmi pondok pesantren Al Hikmah pada tahun 1927 M oleh KH Suhaimi bin Abdul Ghoni, putra kakak KH Kholil dan alumnus Mahad al Haram Makah, Saudi Arabia. KH Suhaimi membangun Asrama dengan 9 kamar untuk menampung Santri Hufadl yang belajar menghafal Al Quran yang kemudian kita kenal sekarang sebagai Ponpok Pesantren Al-Hikmah 1.
Periode Pertengahan
Selama masa Revolusi Kemerdekaan Indonesia, Pondok Pesantren Al Hikmah mengalami kegoncangan dan kehancuran. Namun, setelah keadaan menjadi aman, KH Kholil dan KH Suhaemi bersama dengan para pengasuh dan Kyai membangun kembali pondok dan Madrasah yang hancur. Para santri mulai kembali ke pondok untuk melanjutkan belajar.
Periode Pengembangan
Sepeninggal KH Kholil dan KH Suhaemi, muncullah generasi muda KH Shodiq Suhaemi dan KH M Masruri Mughni yang mampu mengembangkan pesat Pondok Pesantren Al Hikmah dengan mendirikan berbagai lembaga pendidikan. Pada tahun 2012, jumlah santri yang bertempat tinggal di Pondok Pesantren Al Hikmah 1 mencapai kurang lebih 1470 santri dengan rincian 1030 Santri putra dan 440 Santri putri [(sumber)](https://alhikmah1.or.id/hal-sejarah.html).
Fasilitas
Pondok Pesantren Al Hikmah 1 memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti Masjid Jami berlantai dua, asrama santri, ruang belajar, aula Auditorium, laboratorium, dan lain-lain.
Penutup
Sebagai penutup, kita dapat melihat bahwa Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda yang didirikan sebagai respons terhadap kebutuhan pendidikan agama di masyarakat, telah berkembang menjadi lembaga pendidikan yang penting dan berkontribusi banyak terhadap perkembangan masyarakat sekitar. Selalu diharapkan agar pengasuh, para kyai, para asatidz serta para santrinya diberi bimbingan oleh Allah SWT sehingga tercapai tujuan bersama demi izzul Islam wal Muslimin.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *