Sejarah Sanga-Sanga: Memoar Mengenang Perjuangan Heroik

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Sudah pernahkah Anda mendengar tentang Sanga-Sanga? Sanga – Sanga adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Mungkin sekilas tampak biasa saja, namun Sanga-Sanga merupakan ladang pengetahuan bagi para pecinta sejarah, terlebih sejarah perjuangan rakyat Indonesia. Dari peninggalan Belanda dan Jepang, hingga Tugu Merah Putih dan Monumen Perjuangan, semua ada di sana.

Sejarah Mulai Menulis Cerita
Pada tahun 1889, tim insinyur Belanda menemukan cadangan minyak besar di Sanga-Sanga. Hal ini menjadi tonggak penting bagi rakyat Sanga-Sanga, karena produksi sumur minyak dianggap sebagai hari kelahiran daerah tersebut. Tak butuh waktu lama bagi Belanda untuk ambisi menguasai daerah yang kaya akan minyak tersebut.
Refleksi Perjuangan
Ketika tentara Jepang bertekuk lutut kepada Tentara Sekutu dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tahun 1945, semangat para pejuang Indonesia, termasuk di Sanga-Sanga, membara. Mereka membentuk berbagai perkumpulan dan organisasi perjuangan.
Perjuangan mereka terus berlanjut; gerakan-gerakan dipimpin dan perlawanan terhadap Belanda dilakukan. Perjuangan tersebut mencapai puncaknya pada peristiwa yang dikenal sebagai “Merah Putih” pada 27 Januari 1947. Dalam peristiwa ini, para pejuang kemerdekaan merebut kembali kota Sanga-Sanga dari tangan penjajah, walau hanya untuk durasi singkat.
Sementara banyak pejuang gugur dan tertangkap, semangat juang tidak surut. Bahkan, mereka yang lolos terus menyusun kekuatan dan mengadakan pengacauan di kedudukan pasukan Belanda.
Mengenang Perjuangan Para Pahlawan
Peristiwa Merah Putih pada 27 Januari diperingati setiap tahunnya untuk menghargai perjuangan para pahlawan Sanga-Sanga. Peringatan tersebut melibatkan berbagai kegiatan, mulai dari napak tilas, kegiatan keagamaan, hingga upacara dan pameran.
Perjuangan yang dilakukan para pejuang Sanga-Sanga dikenang melalui pembangunan tugu perjuangan. Hal tersebut menjadi bukti fisik penghargaan terhadap perjuangan heroik mereka mengusir penjajah Belanda.
Jadi, mari kita, sebagai generasi penerus bangsa, tidak melupakan perjuangan para pahlawan kita dan menghargai pengorbanan mereka.
Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang sejarah perjuangan bangsa kita dengan mengunjungi Sanga-Sanga. Event Peristiwa Perjuangan Merah Putih akan diadakan di Sanga-Sanga di akhir bulan ini, jadi pastikan untuk menandai kalender Anda!
Mohon menunjukkan penghargaan kita kepada pejuang-pejuang yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa dengan mengunjungi Sanga-Sanga dan mengetahui lebih banyak tentang sejarah perjuangan mereka. Sampai jumpa di Sanga-Sanga! (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *