Sejarah Panjang Gunung Menyan Purba Banyuwangi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Gunung Menyan, yang terletak di Desa Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, merupakan bukan sekadar gunung biasa. Dibalik keindahannya, gunung tersebut menyimpan sejarah panjang dari terbentuknya hingga kini menjadi primadona para penggemar olahraga dirgantara, termasuk paralayang di Banyuwangi maupun berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Berdasarkan sumber yang ada, Gunung Menyan merupakan bagian dari gunung api purba dengan usia sekitar 33 juta tahun. Gunung ini juga menyimpan keindahan alam yang terpendam, termasuk cerita mitos masyarakat yang melekat padanya.
Sejak dijadikan spot untuk take off olahraga dirgantara, Gunung Menyan Purba semakin terekspos keindahannya. Keindahan sisa-sisa gugusan kaldera tampak dari udara dan asri panorama sekitarnya. Puncak gunung ini memiliki ketinggian 730 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pengalaman unik bagi para peserta paralayang.
Kehidupan warga Kalibaru yang notabene hamparan perkebunan serta riuhnya aktivitas transportasi dan perdagangan menjadi pemandangan indah yang memanjakan mata dari ketinggian. Oleh sebab itu, Gunung Menyan sangat cocok untuk olahraga ini.
Gunung Menyan kini telah menjelma sebagai surga baru bagi penggemar olahraga ekstrem ini. Banyak atlet yang menjajal venue di ketinggian tersebut. Paling baru, gunung ini juga menjadi venue Banyuwangi Open, Liga Paralayang Jatim Seri 2. Selain menambah sisi prestasi, kegiatan tersebut juga mendongkrak potensi ekonomi bagi warga setempat.
Menurut Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, sport tourism seperti paralayang ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan potensi destinasi Gunung Menyan yang menyuguhkan keindahan lanskap gunung purba dari ketinggian. Alasan diadakannya event seperti ini adalah sebagai pemacu semangat olahraga bagi para atlet, olahraga juga sebagai gaya hidup. Dalam konteks ini, geliat pariwisata, ekonomi warga, dan event sport tourism membantu menggerakkan roda perekonomian daerah.
Di sisi lain, Gunung Menyan Purba juga memiliki sisi mitos di kalangan warga. Cerita masyarakat menyebutkan bahwa gunung tersebut merupakan tempat yang cukup sakral. Pada momen tertentu, banyak warga yang datang untuk melakukan ritual di lokasi sekitar Gunung Menyan. Bagi mereka yang percaya, segala doa dan keinginan akan terkabul hanya dengan membakar kemenyan di lokasi tersebut.
Dari berbagai perspektif, Gunung Menyan Purba Banyuwangi memiliki sejarah, keindahan, dan nilai budaya yang kaya. Hal ini menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik dan memiliki banyak potensi untuk dinikmati oleh para wisatawan, baik dalam olahraga maupun budaya. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *