Sejarah dan Perjuangan Habib Luar Batang: Membangun Masjid Jami Luar Batang di Jakarta Utara

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Masjid Jami Luar Batang merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang terkenal di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Bangunan ini dihormati dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat karena adanya makam pendirinya, Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.

Awalnya, Masjid Jami Luar Batang bukanlah sebuah masjid, melainkan sebuah surau. Surau ini dibangun oleh Habib Husein dari tanah pemberian warga setempat. Pada tahun 1756, setelah Habib Husein meninggal dunia, surau ini diubah menjadi masjid yang kemudian menjadi tempat pemakaman Habib Husein.
Pada zaman penjajahan Belanda, bangunan Masjid Luar Batang disebut seperti gudang. Oleh karena itu, untuk menandai bangunan tersebut sebagai tempat ibadah, di halaman masjid dibangun bangunan seperti mercusuar dengan puncak menara serupa kubah.
Nama “Luar Batang” sebagai nama masjid ini berasal dari wasiat Habib Husein yang ingin dimakamkan di surau yang telah dibangunnya sebelum meninggal dunia. Namun, sebagai seorang pendatang, Habib Husein tidak diperkenankan untuk dikubur di tanah Luar Batang. Akhirnya, jenazah Habib Husein berencana dimakamkan di tempat lain, tetapi saat akan dikebumikan jenazah Habib Husein justru keluar dari keranda mayat atau kurung batang. Hal ini terjadi berulang-ulang hingga akhirnya jenazah Habib Husein diperbolehkan dimakamkan di surau buatannya.
Saat ini, makam Habib Husein tetap dirawat dan didesain mirip dengan makam Nabi Muhammad SAW. Setiap harinya, makam Habib Husein ramai didatangi para peziarah dari berbagai daerah. Selain makam, di Masjid Keramat Luar Batang juga terdapat sumur yang airnya dipercaya masyarakat bisa menjadi obat.
Bangunan Masjid Jami Luar Batang sendiri memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi masyarakat setempat. Perjuangan Habib Husein dalam membangun surau yang kemudian menjadi masjid menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya untuk terus menjaga dan melestarikan bangunan bersejarah ini. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *