Sejarah dan Keunikan Candi Penataran Blitar

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM — Candi Penataran, yang juga dikenal sebagai Candi Palah, adalah kompleks candi Hindu Siwa yang menawan. Lokasi candi ini berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi ini adalah salah satu kompleks candi Hindu terbesar dan termegah di Jawa Timur, berdiri tegap di lereng Barat Daya Gunung Kelud.

Sejarah Candi Penataran

Read More
Jurnal

Penelitian arkeologis menunjukkan bahwa Candi Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri, tepatnya periode pemerintahan Raja Srengga (1190-1200) pada sekitar abad ke-12. Para ahli juga percaya bahwa candi ini awalnya bernama Candi Palah, berdasarkan narasi yang tercantum pada Prasasti Palah.

Uniknya, walaupun dibangun pada masa Kerajaan Kediri, Candi Penataran masih aktif digunakan pada masa Kerajaan Majapahit. Fakta ini dibuktikan dengan keterangan yang terdapat di dalam buku sejarah Kerajaan Majapahit, Negarakertagama. Dalam buku tersebut, candi ini disebut sebagai tempat yang dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk dalam perjalanannya keliling Jawa Timur.

Kompleks Bangunan Candi Penataran

Candi Penataran menempati area tanah seluas hampir 13.000 meter persegi dan kompleks bangunannya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu halaman depan, tengah, dan belakang. Susunan bangunan yang tidak simetris menunjukkan bahwa pembangunan kompleks candi ini terjadi tidak dalam satu periode. Masing-masing bagian bangunan memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda, yang kaya akan unsur-unsur sejarah dan keagamaan Hindu.

Pesona Candi Penataran

Pesona Candi Penataran tidak hanya terletak pada keindahan arsitektur dan pemandangannya, tetapi juga pada keunikan relief dan patung yang ada di setiap bagian candi. Dinding-dinding candi dipenuhi dengan relief cerita Ramayana dan berbagai figur dari tradisi Hindu yang mengagumkan.

Candi Penataran membuat kita merasa bahwa kita sedang berada di tengah-tengah lorong waktu, mengeksplorasi sejarah dan budaya masa lalu yang telah lama hilang. Setiap detil yang Anda temui di candi ini pasti akan membuat Anda semakin mencintai keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. (*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *