Sejarah Candi Muara Takus: Kompleks Megah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

banner 468x60
Foto: Ig @jaxelix
KANGENTRAVELING.COM – Candi Muara Takus merupakan salah satu kompleks percandian Budha yang ada di Pulau Sumatera, tepatnya di Desa Muara Takus, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. 
Dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan, yaitu Candi Tuo, Candi Bungsu, Candi Mahligai, dan Palangka.
Asal-usul Nama dan Sejarah Pembangunan
Candi Muara Takus diyakini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya, dan menjadi bukti peradaban Budha di masa lalu. Namun, tahun pembangunan candi ini masih belum bisa dipastikan oleh para ahli. Sebagian menyebut Candi Muara Takus dibangun pada abad ke-7, abad ke-9, bahkan ada yang meyakini dibangun pada abad ke-11.
Terdapat dua teori yang menjelaskan alasan kompleks candi ini dinamakan Muara Takus. Teori pertama menyebutkan bahwa nama Muara Takus diambil dari nama anak sungai kecil bernama Takus yang bermuara di Sungai Kampar Kanan. Sementara teori kedua menyebutkan Muara Takus berasal dari dua kata, yaitu Muara yang artinya tempat akhir aliran sungai dan Takus yang berasal dari bahasa Tionghoa; Ta berarti besar, Ku berarti tua, dan Se berarti candi atau kuil. Dari teori kedua ini, Candi Muara Takus berarti candi tua besar yang letaknya ada di muara sungai.
Kompleks Bangunan
Candi Tuo merupakan bangunan utama di kompleks Candi Muara Takus yang memiliki ukuran mencapai 32,80 m x 21,80 m. Candi Tuo memiliki 36 sisi, dan terdiri dari bagian kaki I, kaki II, tubuh, dan puncak yang telah rusak dan beberapa batunya hilang.
Candi Mahligai berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 10,44 m x 10,60 m, dengan tinggi 14,30 m. Bagian puncak Candi Mahligai ini berdiri di atas pondamen segi delapan, dan memiliki 28 sisi.
Candi Palangka berupa susunan batu bata merah yang tidak dicetak, dan menjadi candi terkecil di antara yang lain. Bagian kaki Candi Palangka bersegi delapan dengan sudut banyak, ukuran panjangnya 6,60 m, lebar 5,85 m, dan tinggi 1,45 m.
Candi Bungsu berbentuk persegi panjang dengan ukuran 7,50 m x 16,28 m, sementara tingginya mencapai 6,20 meter. Selain empat bangunan tersebut, ada pula gundukan tanah dengan dua lobang di dekat gerbang Candi Tuo yang diyakini tempat tersebut berfungsi untuk pembakaran jenazah.
Candi Muara Takus diyakini sebagai candi Budha, dikuatkan dengan adanya stupa berupa lambang Budha Gautama. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Candi Muara Takus merupakan campuran dari bentuk candi Budha dan Syiwa. Dasar pendapat ini dikuatkan dalam bangunan Candi Mahligai, yang bentuknya menyerupai lingga (kelamin laki-laki) dan yoni (kelamin perempuan).
Tiket Masuk dan Fasilitas Candi Muara Takus: Membantu Anda Menikmati Wisata Sejarah
Candi Muara Takus, sebuah situs bersejarah yang menarik di Kampar, Riau. Jalan-jalan ke kompleks percandian warisan Kerajaan Sriwijaya ini akan membantu Anda memahami lebih dalam sejarah dan peradaban Budha di masa lalu.
Harga Tiket
Harga tiket masuk Candi Muara Takus sangat terjangkau. Ini dibuat demikian agar lebih banyak pengunjung yang datang dan menikmati keunikan sejarah serta bangunannya.
Fasilitas
Fasilitas di Candi Muara Takus cukup lengkap dan memadai. Ada berbagai fasilitas penting disediakan untuk kenyamanan pengunjung seperti area parkir, toilet umum, warung kudapan serta tempat ibadah. Ada pula tempat penyewaan peralatan, seperti payung dan sebagainya, yang bisa digunakan oleh pengunjung selama melakukan penjelajahan di area situs.
Terlebih lagi, Candi Muara Takus juga memiliki area beranda wisata yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan candi. Ada beberapa spot foto menarik bagi Anda yang senang berfoto ria atau bagi Anda yang ingin memperkaya feeds Instagram Anda.
Mengunjungi Candi Muara Takus tentu menjadi pengalaman yang berharga sekaligus mengesankan. Secara historis, tempat ini memiliki nilai tinggi dan sangat penting bagi pengetahuan kita akan sejarah Indonesia.
Namun, selain dari segi sejarahnya, Candi Muara Takus juga menjadi tempat wisata yang menarik bagi masyarakat luas. Struktur candi yang unik dan kondisi alam sekitarnya yang masih asri membuat tempat ini menjadi one stop destination bagi wisatawan.
Jika Anda mengunjungi Riau, jangan lupa untuk menambahkan Candi Muara Takus dalam rute kunjungan Anda. Tempat bersejarah ini tentu menjadi tujuan wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *