Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Pendirian Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 dapat ditelusuri kembali ke tahun 1911, ketika KH. Kholil bin Mahali mulai merintis pendidikan agama di Desa Benda, Sirampog, Brebes. Menyadari sepinya pendidikan agama di desa tersebut, KH. Kholil memulai metode pengajaran yang sederhana, door-to-door. Beliau berusaha mendidik masyarakat menggunakan pendekatan Qurani, memberikan pelajaran dan bimbingan tentang hidup sesuai ajaran Islam.

Pada tahun 1922, KH. Suhaimi Abdul Ghani, keponakan KH. Kholil yang baru pulang dari menuntut ilmu di Mekkah, bergabung dalam upaya ini. Bersama-sama mereka bekerja untuk mendorong perkembangan masyarakat Desa Benda baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun kebudayaan, dengan fokus utama pada kebudayaan agama.
KH. Suhaimi kemudian membangun asrama santri sebanyak 9 ruang kamar, setelah melihat peningkatan jumlah santri yang datang dari luar daerah Benda. Dari sinilah kemudian dikenal Pondok Pesantren Al Hikmah.
Tahun-tahun berikutnya melihat pesatnya pertumbuhan Pondok Pesantren Al-Hikmah 2. Pada tahun 1930, sistem pendidikan klasikal mulai diperkenalkan dengan mendirikan Madrasah Ibtidaiyah yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Tamrinussibyan. Pengambilan langkah ini muncul setelah melihat hasil berupaya pemberdayaan selama bertahun-tahun telah menghasilkan santri yang mampu setelah menghapal Al Quran dengan khatam bil ghoib pada tahun 1932.
Pada tahun 1955, setelah mengalami kemunduran akibat perang kemerdekaan dan kematian KH.Kholil dan KH. Suhaimi, kepemimpinan Pondok Pesantren diteruskan oleh KH. Masruri Abdul Mughni, cucu dari KH. Kholil bin Mahali, bersama dengan KH. Shodiq Suhaimi, putra dari KH. Suhaimi. Di era kepemimpinan ini, Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan.
Pada tahun 1964, mereka memperkenalkan program baru berupa pendidikan untuk santri-santri putri dan pembangunan asrama putri. Hingga tahun 2000, telah berdiri 14 sekolah di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Hikmah 2.
Dalam perjalanannya, Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 telah melalui banyak periode, mulai dari perintisan, pertumbuhan hingga pengembangan. Dari asalnya yang sederhana, Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 kini telah menjadi penggerak penting dalam perkembangan pendidikan dan kehidupan beragama di Desa Benda, Sirampog, Brebes.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *