Sejarah Aneh Kota Brebes Yang Fenomenal Sejak Adanya Pandemi.

banner 468x60

 

BREBES,

 KANGENTRAVELING. COM-

Para pecinta travelling sepertinya kurang lengkap kalau tidak tahu tentang Kota Fenomenal yang menjadi sorotan akhir-akhir ini. Kota Brebes atau yang kita kenal sebagai Kota Bawang adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Kabupaten ini unik karena memiliki 3 tanggal peresmian yang berbeda yaitu :

1.Tanggal 13 April 1504 

Pada tanggal tersebut Kabupaten Brebes mulai dibentuk oleh seorang raja yang bernama Sri Baduga Maharaja.

2. Tanggal 18 Januari 1678

Meskipun telah lama dibentuk namun pemerintahan resmi dibetuk pada tanggal 18 Januari 1678 dengan Bupati pertama Adipati Aria Suralaya. Ternyata butuh waktu yang lama untuk membentuk suatu pemerintahan sekitar 174 tahun. Bisa dipahami saat itu Negara Kesatuan Republik Indonesia masih berada digenggaman penjajah. Pada tanggal ini juga dipengaringati sebagai hari jadi Kabupaten Brebes.

3.20 Juli 1921

Mungkin banyak orang yang bingung kenapa kabupaten dan pemerintahan sudah dibentuk tapi masih ada tanggal peresmian penting. Pada tanggal 20 Juli 1921 Kota Bawang ini resmi disebut sebagai kota MALVINAS karena pernah dijadikan tempat tinggal warga negara asing saat itu.Julukan MALVINAS (Maju Lebih Dekat ke Evaluasi Nasional) hanya bertahan sampai tahun 1977 sebelum ada motto baru yang dipakai sampai sekarang. 

Motto dari Kabupaten Brebes adalah Bersih, Hijau, Aman, dan Sehat yang disingkat “BERHIAS”. 

Namun apakah motto ini terealisasikan dengan benar? kita sekalian bisa menilainya sendiri ya.

Selain julukan sebagai Kota Bawang yang amat kental ternyata Brebes juga mempunyai julukan lain seperti kampung malvinas, bakung kempol, berbas, barak, muara kali pemali dan lainnya.

Nama Brebes sendiri diambil dari kata “Bara” dan “Basah”.

Bara artinya lahan tanah yang luas dan Basah artinya banyak mengandung air. Hal itu sesuai dengan kondisi geografi yang sangat lengkap yang kawasan mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, dan bibir pantai.Sungguh luar biasa SDM yang berada di Kabupaten ini. Bentuk wilayah Kabupaten Brebes menyerupai huruf “U” dengan pembagian 2 wilayah yakni Brebes Utara dan Brebes Selatan.

Batas wilayahnya yaitu :

1.Utara : Laut Jawa

2.Selatan : Kabupaten Banyumas

3.Timur : Kabupaten atau Kota Tegal

4.Barat : Kabupaten Cirebon dan berbatasan langsung dengan Jawa Barat.

Dok : @brebesnesia

Mengapa Brebes dikenal sebagai Kota Bawang? Mungkin banyak yang bertanya-tanya dalam hatinya padahal di luar Brebes banyak juga yang memeproduksi barang lebih baik. Sebenarnya Bawang adalah komoditi turunan leluhur atau nenek moyang yang hidup pada jaman dahulu sebelum daerah lain mampu memproduksinya seperti juga sebaik sekarang.

Sobat traveller wajib banget dong tahu bagaimana sejarah sebuah kota apalagi kota ibunya para traveller. 

See u next time guys. 

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *