Sedekah Laut Cilacap 2023: Jum’at Kliwon 28 Juli, Berikut Detailnya

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Festival budaya tradisi Unik dan Sakral di Indonesia kembali akan digelar pada tahun 2023. Sedekah Laut, salah satu festival tradisional yang dinantikan, segera diselenggarakan di Cilacap. Acara yang dijadwalkan pada Jum’at Kliwon, 28 Juli 2023 ini, menjanjikan serangkaian acara meriah yang sarat akan makna dan tujuan mulia.


Sebuah Festival dengan Kirab Jolen Mengisi Hari

Sedekah Laut di Cilacap 2023 ini akan diselenggarakan meriah dengan kirab jolen berisi sesaji. Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Paiman, prosesi akan diawali dari Pendapa Wijayakusuma Rumah Dinas Bupati Cilacap hingga ke Pantai Teluk Penyu.

“Festival Sedekah Laut pada tanggal 28 Juli 2023, tepatnya pada hari Jumat kliwon, harinya sesuai dengan tradisi nelayan dan pada bulan Suro,” ujar Paiman, Rabu (12/7/2023).

Di dalam kirab, terdapat 11 jolen, salah satunya jolen tunggul dari Bupati Cilacap. Kirab jolen akan diiringi oleh para penari, kesenian tradisional, serta dokar dengan jumlah pengiring yang mencapai ribuan orang.

“Nanti ada 11 jolen, salah satunya jolen tunggul dari Bupati Cilacap, setelah upacara adat kemudian jolen dikirab dengan iring iringan meriah ke Pantai Teluk Penyu,” ujarnya.

Suatu Tradisi yang Menyatu Dalam Kehidupan Masyarakat

Dalam tradisi ini, masyarakat terlibat bersama dengan mahasiswa dan pelajar. Ini mencerminkan sejauh mana acara Sedekah Laut telah menyatu dalam kehidupan mereka dan mewarnai identitas mereka sebagai komunitas.

Festival tradisional ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Cilacap dan merupakan pengingat akan warisan sejarah dan kultural mereka.

“Rencana akan menggunakan kereta kencana atau dokar karena bagian dari sakralnya acara. Yang jalan diperkirakan ada ribuan, dengan melibatkan masyarakat, mahasiswa dan pelajar,” imbuhnya.

Meningkatkan Pariwisata dan Ekonomi Lokal

Sejauh ini, Sedekah Laut bukan hanya acara tradisional tapi juga acara yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Festival ini diharapkan bisa mendongkrak sektor pariwisata Cilacap dan menarik lebih banyak pengunjung. Selain itu, dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Harapannya kegiatan ini dapat mendongkrak sektor pariwisata dan banyak dikunjungi wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Cilacap. Harapannya juga hotel penuh tamu menginap di Cilacap,” ujarnya.

Sebagai sebuah festival, Sedekah Laut mencerminkan warisan budaya yang kaya dan sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan ekonomi dan pariwisata lokal.

Selain itu, acara ini juga memberikan pemahaman yang lebih dalam untuk masyarakat umum tentang pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia.

Sedekah Laut Cilacap pada tahun 2023 diharapkan tidak hanya menjadi perayaan budaya lokal, tetapi juga membuka kesempatan bagi Cilacap untuk menunjukkan warisan budayanya kepada dunia.

Festival ini, tanpa diragukan lagi, akan membawa semangat dan kegembiraan yang besar bagi semua orang yang terlibat dan menjadi penonton.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *