Sebagai Rasa Syukur Kepada Alloh SWT, Desa Terlaya Adakan Sedekah Bumi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM, BREBES – Sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta, Alloh SWT, karena telah diberikan Rezeki yang melimpah dan kesehatan, Desa Terlaya kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes Jateng mengadakan acara menyambut 10 Muharam 1445 H. dan Sedekah Bumi. Acara ini digelar di komplek makam Syech Sunan Adipati Singalaya dan lapangan Singalaya Terlaya pada Minggu, 30 Juli 2023.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB tersebut dihadiri oleh Ketua BPD, LPM, ketua RT/RW Toga Ustadz Misbakhul Munir, Tomas, perangkat desa, Karang Taruna dan para undangan lainnya.
Kepala Desa Terlaya, Ujang Muhaemin S.Ag, melalui Sekdesnya, Wa’ud Abdilah S.Kom, menyampaikan bahwa acara ini digelar dalam rangka menyambut 10 Muharam dan sedekah bumi sebagai ucapan rasa syukur kepada Alloh SWT. Tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sedekah berupa makanan.
“Melestarikan Adat Budaya Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia-Nya yang diberikan kepada warga masyarakat,” ungkap Wa’ud.
Menurut Sekdes, menggelar Sedekah Bumi merupakan simbol penghormatan dan penghargaan kepada alam sebagai karunia yang besar. Acara gelar Sedekah bumi diisi dengan Sholawat, Tausiyah dan Doa bersama.
Dirinya mengajak, “Tanah yang kita pijak setiap hari, tempat kita membuang kotoran, dan kita tanam padi dan pala wija serta segala sesuatu yang kita lakukan, maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi dengan membaca Sholawat, Dzikir, Tahlil, Tausiyah dan Doa bersama.”
Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang kompak hadir menghadiri Sedekah Bumi yang dilaksanakan di komplek makam Syekh Sunan Adipati Singalaya. Mereka membawa nasi tumpeng bersama lauk pauk dan melaksanakan doa bersama.
“Atas nama Pemerintah Desa Terlaya, ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir dan para Tokoh Agama dan ribuan warga Masyarakat desa Terlaya,” tegasnya.
Acara Sedekah Bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Terlaya umumnya, yaitu agar diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari wabah penyakit. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *