Sate Blengong Bu Hj. Inah: Kuliner Khas Brebes yang Menggugah Selera

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM, Sate Blengong Bu Hj. Inah adalah salah satu kuliner khas Brebes yang terkenal di Pojok Alun-alun Brebes. Sate ini terbuat dari daging bebek yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan sate, kemudian dibakar hingga matang. Sate Blengong memiliki cita rasa yang khas dan lezat, sehingga banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Brebes.

Sejarah Sate Blengong
Sate Blengong pertama kali diperkenalkan oleh Hj. Inah, seorang warga Brebes yang menciptakan resep unik ini pada tahun 1980-an. Awalnya, Hj. Inah hanya menjual sate bebek biasa, namun karena ingin menciptakan sesuatu yang berbeda, ia mencoba bereksperimen dengan bumbu dan cara memasak yang berbeda. Hasilnya, ia berhasil menciptakan Sate Blengong yang memiliki cita rasa khas dan lezat.
Keunikan Sate Blengong
Salah satu keunikan Sate Blengong adalah bumbunya yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, dan berbagai rempah lainnya. Bumbu ini kemudian dihaluskan dan dicampur dengan daging bebek yang sudah dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, daging bebek yang sudah dibumbui ini ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar hingga matang.
Selain itu, Sate Blengong juga disajikan dengan kupat glabed, yaitu ketupat yang dibungkus dengan daun pisang. Kupat glabed ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lembut, sehingga cocok sebagai pelengkap Sate Blengong.
Sate Blengong Bu Hj. Inah yang berlokasi di Pojok Alun-alun Brebes itu merupakan salah satu kuliner khas Brebes yang wajib dicoba. Dengan cita rasa yang khas dan lezat, serta penyajian yang unik, Sate Blengong menjadi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Brebes. Jadi, jika Anda sedang berada di Brebes, jangan lupa untuk mencicipi Sate Blengong Bu Hj. Inah! (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *