Sarasehan Budidaya Domba Sakub Sebagai Warisan Budaya Kabupaten Brebes

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes Jawa Tengah bertekad menjadikan budidaya Domba Sakub sebagai salah satu warisan budaya kabupaten penghasil telor asin dan bawang merah.

 
Seiring berkembangnya domba kebanggan Kabupaten Brebes oleh dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes budidaya domba sakub akan dijadikan sebagai warisan budaya Kabupaten Brebes Jawa Tengah.
Pada acara saresehan yang diadakan di resto Van de Jong obyek wisata Perkebunan Kaligua Desa Pandansari Kecamatan Kaligua.
Dalam saresehan yang bertajuk Pembibitan Domba Sakub sebagai Warisan Budaya yang diulas oleh budayawan Kabupaten Brebes Wijanarto yang juga sebagai Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Brebes.
Kepala DPKH Kabupaten Brebes dokter hewan Ismu Subroto mengatakan ini salah satu terobosan yang ditempuh oleh DPKH.
“Pembibitan jangan dilihat dari segi tekhnis saja namun harus dilihat dari sisi budaya karena usaha pembibitan adalah cipta karsa manusia sebagai salah satu unsur kebudayaan” terang Ismu disela-sela acara sarasehan Budidaya Domba Sakub di Kaligua.
Dengan ditetapkannya pembudidayaan atau pembibitan domba sakub menjadi warisan budaya DPKH berharap peternak domba sakub yang sekarang hanya di Desa Pandansari dan Wanareja yang terletak di lereng gunung Slamet dan barada di ketinggian 1020 meter diatas permukaan laut atau mdpl bisa dilakukan seluruh warga Brebes yang ada di bawahnya seperti Brebes wilayah utara.
Agar program ini berhasil DPKH membentuk pentahelix atau remojong yang berdasarkan kerjasama antar dinas terkait seperti dinparbud dan disnaker untuk membentuk smart vilagge atau desa pintar dengan tujuan mempercepat pertumbuhan populasi domba sakub baik secara kwantitas maupun kwalitas hewan tersebut.
Agar program ini berhasil DPKH membentuk pentahelix berdasarkan kerjasama antar Dinas terkait seperti Dinparbud dan Disnaker untuk membentuk Smart Village atau Desa Pintar dengan tujuan mempercepat pertumbuhan populasi domba sakub baik secara kwantitas maupun kwalitas hewan tersebut.
Artikel: Agus
Editor: Ridlo
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *