Salah Satu Sudut Keindahan Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Salah satu keindahan alam yang tersembunyi adalah Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Lembah Harau merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau dengan berbagai pesona, mulai dari tebing-tebing tinggi yang menjulang, air terjun, hingga hamparan sawah yang hijau. Gaya bahasa yang santai akan digunakan dalam artikel ini untuk membahas keindahan Lembah Harau, tips yang berguna, dan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menikmati keindahan alam ini secara maksimal.
Keindahan Lembah Harau
Lembah Harau memiliki luas sekitar 300 hektar dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang mencapai ketinggian hingga 150 meter. Tebing-tebing ini terbentuk dari batu kapur yang telah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Beberapa tebing di Lembah Harau memiliki bentuk yang unik dan menarik, seperti tebing yang menyerupai wajah manusia, tebing yang menyerupai kepala naga, dan tebing yang menyerupai bentuk hati.
Selain tebing, Lembah Harau juga memiliki beberapa air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Sarasah Bunta, yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini terletak di kaki tebing dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. 
Selain itu, terdapat pula Air Terjun Aka Barayun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.
Hamparan sawah yang hijau juga menjadi salah satu keindahan yang dapat dinikmati di Lembah Harau. Sawah-sawah ini terletak di antara tebing-tebing yang menjulang, sehingga menciptakan pemandangan yang indah dan menenangkan.
Tips Berguna untuk Menikmati Lembah Harau
Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk menikmati keindahan Lembah Harau:
1. Kapan berkunjung: Waktu terbaik untuk mengunjungi Lembah Harau adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April hingga Oktober. Pada musim ini, cuaca cenderung cerah dan tidak terlalu hujan, sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan Lembah Harau dengan lebih nyaman.
2. Menginap: Terdapat beberapa penginapan yang tersedia di sekitar Lembah Harau, mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Wisatawan dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.
3. Transportasi: Untuk mencapai Lembah Harau, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti mobil atau sepeda motor. Jarak dari kota Payakumbuh ke Lembah Harau sekitar 15 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.
4. Makanan: Terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Minangkabau di sekitar Lembah Harau. Wisatawan dapat mencicipi berbagai hidangan lezat seperti rendang, sate padang, dan gulai.
5. Perlengkapan: Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Lembah Harau. Selain itu, sebaiknya wisatawan juga membawa pakaian hangat dan jaket, karena suhu di Lembah Harau cenderung dingin, terutama di malam hari.
Langkah-Langkah Menikmati Keindahan Lembah Harau
Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menikmati keindahan Lembah Harau secara maksimal:
1. Rencanakan perjalanan: Tentukan waktu kunjungan, lama menginap, dan anggaran yang akan digunakan untuk perjalanan ke Lembah Harau.
2. Pilih penginapan: Sesuaikan penginapan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, terutama jika berkunjung pada saat musim liburan.
3. Siapkan transportasi: Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi baik dan layak jalan. Jika menggunakan kendaraan sewaan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.
4. Persiapkan perlengkapan: Siapkan kamera, pakaian hangat, dan jaket untuk menikmati keindahan Lembah Harau dengan nyaman.
5. Nikmati keindahan Lembah Harau: Kunjungi tebing-tebing yang unik, air terjun yang indah, dan hamparan sawah yang hijau. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut dengan kamera.
6. Cicipi kuliner khas Minangkabau: Setelah puas menikmati keindahan Lembah Harau, sempatkan untuk mencicipi hidangan khas Minangkabau di warung makan yang ada di sekitar lokasi.
Lembah Harau merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Dengan mengikuti tips berguna dan langkah-langkah yang telah disebutkan, wisatawan dapat menikmati keindahan Lembah Harau secara maksimal. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Lembah Harau dan nikmati keindahan alam yang luar biasa ini.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *