Ribuan Nelayan di Brebes Ikuti Ritual Larung Sajen Kepala Kerbau dalam Tradisi Sedekah Laut

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Brebes, Ribuan nelayan di sepanjang Pantai Utara Pantura, Brebes, Jawa Tengah, mengambil bagian dalam sebuah ritual tahunan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah. Acara ini berlangsung pada hari Senin, 7 Agustus 2023, melibatkan larung sajen berupa kepala kerbau, ayam, dan unggas angsa dalam prosesi yang kaya akan budaya dan tradisi.

“Tradisi ini adalah cara kami untuk memberikan apresiasi kepada alam dan Tuhan atas berkat yang mereka berikan pada kami,” kata Wa’anto, tokoh masyarakat Kecamatan Bulakamba. “Sedekah laut merupakan tradisi yang telah berlangsung dari generasi ke generasi. Selain memiliki nilai budaya, ritual ini juga memberikan manfaat ekonomi dan wisata bagi komunitas kami.”
Ritual ini mencakup adegan di mana replika kapal nelayan dihiasi dengan aneka sesaji, termasuk kepala kerbau dan hasil bumi lainnya, sebelum dilarungkan ke laut. Kapal-kapal nelayan lainnya bergabung dalam prosesi, mengiringi kapal pembawa sesaji ke tengah laut.
Sebelum prosesi dilakukan, terdapat arak-arakan kapal miniatur berisi kepala kerbau di sekitar desa, lengkap dengan pertunjukan seni dan musik tradisional, termasuk burok dan panggung musik dangdut khas Pantura. Sebagai tambahan, juga ada pagelaran wayang purwa, yang merupakan bagian penting dari tradisi ini.
“Kami berharap dengan berlangsungnya acara sedekah laut ini, para nelayan akan terus diberikan berkah dan keberuntungan dalam mencari ikan di tengah laut,” ungkap Wa’anto.
Tentang Desa Pulogading, Bulakamba, Brebes
Desa Pulogading terletak di Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Merupakan rumah bagi ribuan nelayan dan memiliki kekayaan budaya yang melimpah, termasuk tradisi sedekah laut tahunan yang diadakan setiap bulan Suro dalam kalender Jawa.
Ritual ini merupakan bagian penting dari identitas komunitas dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pesona budaya unik daerah Pantai Utara Jawa Tengah. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *