Rekomendasi Oleh-oleh Khas Tegal yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Tegal

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Tegal merupakan sebuah kota di Jawa Tengah, terkenal dengan berbagai wisata menarik dan ragam kuliner yang lezat. Salah satu hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke kota ini adalah membeli oleh-oleh khas Tegal untuk dibawa pulang. Berikut ini adalah 22 oleh-oleh khas Tegal yang patut Anda coba.

1. Tahu Aci: Makanan khas Tegal yang terbuat dari tepung kanji, tahu kuning, potongan daun kucai, dan bumbu khas lainnya. Tahu Aci digoreng dengan minyak panas sampai kecoklatan dan nikmat disantap bersama cabai rawit atau sambal.
2. Tahu Pletok: Mirip dengan Tahu Aci, Tahu Pletok terbuat dari tahu kuning berbentuk segitiga, tepung kanji, daun kucai, dan bumbu khusus. Cita rasa asin gurih khas Tegal ini cocok untuk lidah orang pantura.
3. Kue Kamir: Kue khas Tegal yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, mentega, telur, dan tape. Bentuknya bundar dan mirip apem atau serabi, hanya saja ukurannya lebih besar dan padat. Kue Kamir cocok dijadikan buah tangan dan camilan ketika bersantai.
4. Keripik Tahu: Camilan populer di Tegal yang terbuat dari tahu kuning dengan tekstur padat. Rasa gurih dan tekstur lembut membuat Keripik Tahu cocok dijadikan camilan segala suasana.
5. Kacang Bogares: Berasal dari Desa Bogares, Kecamatan Pangkah, Tegal, Kacang Bogares berbahan dasar kacang tanah yang disangrai di atas pasir. Rasanya gurih, asin, dan sedikit manis, dengan aroma kacang yang khas.
6. Kerupuk Antor: Kerupuk khas Tegal yang terbuat dari adonan terigu yang digoreng dengan pasir halus. Kerupuk Antor memiliki tekstur renyah dengan bumbu pekat yang menyelimuti setiap potongan kerupuk.
7. Martabak Lebaksiu: Terdapat di desa Lebaksiu, Martabak Lebaksiu hampir sama seperti martabak kebanyakan, hanya saja rasa dan ukuran sedikit berbeda.
8. Pilus Kletuk: Berbeda dengan pilus biasa yang berisi kacang, Pilus Kletuk hanya berupa adonan tepung tanpa tambahan kacang dengan ukuran lebih kecil. Pilus ini sering dijadikan lauk pelengkap ketika makan bakso atau mie pangsit.
9. Telur Asin: Telur asin khas Tegal memiliki cita rasa gurih, asin, dan lezat. Oleh-oleh ini memiliki berbagai varian, seperti telur asin rebus, telur asin bumbu pindang, telur asin bakar, dan telur asin panggang oven.
10. Olos: Gorengan khas Tegal yang berbentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung kanji dan terigu. Isian kudapan ini biasanya berupa irisan sayuran, sosis, keju, ayam, tempe, tahu, dan cabai rawit.
11. Latopia/Pia**: Kue Latopia khas Tegal mirip dengan bakpia Jogja, namun memiliki tekstur kulit luar yang lebih tebal dan ukuran yang lebih besar. Latopia memiliki berbagai varian rasa mulai dari cokelat, kacang hijau, sari buah, nanas, susu, bawang, gula aren, durian, dan keju.
12. Manisan Cerme: Manisan buah cerme atau cermai khas Tegal memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Manisan ini dapat ditemukan di daerah wisata Guci Tegal.
13. Rempeyek: Camilan populer di Tegal yang berbahan dasar tepung beras dan kacang tanah. Rempeyek ini memiliki rasa gurih dan tekstur renyah yang cocok dijadikan camilan maupun lauk pendamping.
14. GuCheez: Kue kekinian khas Tegal yang terbuat dari roti dengan isian nanas madu, keju, atau susu. GuCheez memiliki cita rasa manis dan lembut serta mampu bertahan selama 7-10 hari.
15. Kue Tempel: Kue tradisional Tegal yang terbuat dari tepung beras ketan, pisang, dan gula jawa. Kue Tempel memiliki cita rasa khas yang lezat.
16. Poci Tegal: Poci Tegal terbuat dari tanah liat dan sering digunakan untuk membuat secangkir teh. Teh yang dihasilkan dari poci ini memiliki rasa yang lebih nikmat, terutama jika ditambahkan gula batu.
17. Dodol Tegal: Dodol khas Tegal terbuat dari santan kelapa, gula merah, tepung ketan, dan garam. Proses pembuatan Dodol Tegal membutuhkan waktu sekitar 8 jam.
18. Gemblong: Kudapan khas Tegal yang memiliki empat jenis, yaitu gemblong tekek, gemblong alus, gemblong kocar-kacir, dan gemblong ketan. Gemblong biasanya disantap bersama parutan kelapa.
19. Glotak: Makanan khas Tegal yang terbuat dari gambus dan tulang ayam atau sapi. Glotak memiliki cita rasa gurih, pedas, dan sedikit manis.
20. Teh Khas Tegal: Tegal dikenal sebagai salah satu produsen teh terbaik di Indonesia. Beberapa pabrik teh terkenal di Tegal antara lain Teh 2 Tang, Teh Tong Tji, Teh Poci, dan Teh Gopek.
21. Kaos Galgil: Kaos populer di Kota Tegal yang digemari kalangan remaja. Kaos Galgil memiliki bahan berkualitas dan harga terjangkau.
22. Mug Tanah Liat: Mug tanah liat sering dijadikan suvenir yang cocok sebagai cinderamata bagi orang tercinta. Mug ini terbuat dari tanah liat dan mudah ditemukan di toko suvenir daerah Tegal dengan harga relatif murah.
Demikianlah 22 oleh-oleh khas Tegal yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Selamat menikmati liburan Anda di Tegal dan jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh ini sebagai kenang-kenangan atau buah tangan untuk keluarga dan teman-teman di rumah! (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *