Rekomendasi Liburan di Maratua Berau Kaltim: Wisata Eksotis dengan Keindahan Alam yang Memukau

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Siapa yang tak ingin liburan ke tempat eksotis yang menawarkan keindahan alam yang tiada duanya? Tanah Air kita yang kaya akan destinasi wisata, menyimpan berbagai tempat menarik yang wajib dikunjungi. 

Salah satunya, Pulau Maratua, sebuah pulau indah di Kalimantan Timur, yang kini semakin mudah diakses berkat adanya penerbangan langsung Susi Air Samarinda Maratua sebanyak 2x dalam seminggu.
1. Mengenal Maratua: Keindahan Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur
Pulau Maratua merupakan salah satu pulau yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini dikenal sebagai salah satu surga tersembunyi di Indonesia, dengan pesona alam yang menawan dan ekosistem bawah laut yang kaya. Berikut ini beberapa keindahan dan daya tarik Pulau Maratua yang wajib dikunjungi:
  • Pantai-pantai eksotis: Pulau ini memiliki pantai yang eksotis dengan pasir putih yang lembut dan laut yang jernih. Beberapa pantai yang wajib Anda kunjungi antara lain Pantai Teluk Harapan, Pantai Kakem, Pantai Long Beach, dan Pantai Kayuberkat.
  • Wisata selam: Maratua dikenal dengan kekayaan biota lautnya. Pulau ini menjadi tempat yang ideal bagi para penyelam untuk menjelajahi keindahan bawah laut. Beberapa spot menarik untuk diving antara lain The Channel, Batu Lumbung, Turtle Traffic, dan Taruk Reefs.
  • Pesona taman laut: Di sekitar Pulau Maratua, Anda bisa menemukan beberapa taman laut yang memukau. Seperti Taman Laut Dermaga, Taman Laut Kuregit, dan Taman Laut Patik.
  • Konservasi penyu: Di Maratua, Anda juga dapat mengunjungi konservasi penyu di Pantai Teluk Alulu. Tempat ini dijadikan pusat breeding penyu hijau dan penyu belimbing yang terancam punah.
2. Tips dan Rekomendasi Wisata di Maratua
Berikut ini beberapa tips dan rekomendasi wisata bagi Anda yang ingin berkunjung ke Maratua:
  • Pilih waktu yang tepat: Waktu terbaik untuk mengunjungi Maratua adalah pada bulan April hingga Oktober, di mana cuaca cerah dan laut tenang, cocok untuk berbagai aktivitas wisata.
  • Menggunakan tour guide lokal: Untuk mengeksplorasi berbagai keindahan Maratua, sebaiknya menggunakan jasa tour guide lokal. Mereka akan membantu Anda menemukan tempat-tempat terbaik yang jarang diketahui oleh wisatawan.
  • Menginaplah di penginapan lokal: Di Maratua, banyak tersedia penginapan lokal yang nyaman dan ramah lingkungan. Beberapa rekomendasi penginapan antara lain Maratua Eco Resort, Maratua Paradise Resort, dan Maratua Guest House.
  • Mencicipi kuliner lokal: Jangan lupa untuk mencicipi kuliner lokal seperti sop udang, ikan bakar, atau ampuh. Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Maratua seperti kerupuk udang dan ikan asin.
3. Cara Menuju ke Maratua dan Informasi Terkait
Untuk menuju ke Maratua, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif berikut ini:
  • Pesawat: Susi Air Samarinda Maratua, dengan frekuensi penerbangan sebanyak 2x seminggu.
  • Speedboat: Dari Kota Berau ke Maratua menggunakan speedboat yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.
Sebelum berangkat, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Memastikan paspor dan dokumen perjalanan lainnya masih berlaku.
  • Membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti kamera, baju renang, sunblock, alat snorkeling, dan peralatan selam jika perlu.
  • Menerapkan prinsip ramah lingkungan selama berada di Maratua, seperti tidak merusak terumbu karang, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga kebersihan lingkungan.
4. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat berlibur di Maratua
Berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat berlibur di Maratua:
1. Rencanakan perjalanan Anda secara detail, termasuk biaya yang diperlukan, akomodasi, dan kegiatan yang ingin dilakukan.
2. Buat itinerary yang realistis dan fleksibel, untuk memastikan Anda bisa menikmati liburan dengan maksimal.
3. Selalu cek perkembangan cuaca dan kondisi laut, untuk menghindari kecewa karena aktivitas wisata yang dibatalkan akibat cuaca buruk.
4. Ikuti anjuran dan panduan dari tour guide atau pengelola wisata, agar perjalanan Anda aman dan lancar.
5. Jangan lupa untuk menikmati setiap momen dan menjadikannya kenangan yang tak terlupakan.
Pulau Maratua di Berau, Kalimantan Timur, merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang wajib masuk dalam bucket list Anda.
Dengan keindahan alam yang menawan dan kegiatan wisata yang beragam, Pulau Maratua siap memanjakan Anda dengan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selamat berlibur di Maratua! (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *