Puncak Gunung Nona: Keunikan dan Cerita di Baliknya

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Gunung Nona yang terletak di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki bentuk geografis yang sangat menarik. Jika dilihat sekilas, hamparan Gunung Nona terlihat seperti alat kelamin perempuan.

Nah, tapi tahukah kamu bahwa di balik bentuknya yang unik tersebut, Gunung Nona atau yang lebih dikenal dengan nama Buntu Kabobong memiliki cerita mistis dan sejarah yang cukup menarik?
Seorang warga asli Enrekang, bernama Kakek Aswar, mengungkapkan bahwa bentuk Buntu Kabobong bukanlah suatu kebetulan.
Cerita rakyat setempat menceritakan berbagai peristiwa luar biasa yang telah terjadi disana. Berlatar belakang sebuah kerajaan kuno bernama Tindalun, dengan penduduknya yang hidup makmur berkat kesuburan alam.
Cerita berlanjut dengan munculnya seorang anak tampan dan bersih yang diyakini datang dari langit, yang selanjutnya ditemukan oleh seorang wanita cantik bernama Masaang. Anak ini kemudian dibesarkan oleh Masaang dan pada akhirnya menikah dengan putri kerajaan Tindalun.
Namun, di balik makmur dan sejahtera, penduduk Tindalun lupa diri. Mereka hidup dalam euforia dan melanggar norma agama dan adat setempat.
Beberapa versi cerita rakyat juga mengaitkan bentuk Buntu Kabobong sebagai sebuah kutukan akibat perilaku masyarakat Tindalun tersebut.
Cerita tersebut masih terjaga dan diyakini oleh masyarakat Sulsel hingga saat ini, menciptakan suasana mistis dan sakral di sekitaran gunung ini.
Sehingga selain menjadi spot tujuan wisata alam, Gunung Nona juga menarik bagi mereka yang suka dengan misteri dan sejarah.
Sebagai penutup, keunikan Gunung Nona tidak hanya terletak pada bentuk fisiknya saja, tapi juga sejarah dan cerita rakyat yang masih dipercaya dan dilestarikan masyarakat setempat.
Begitu juga dengan fakta bahwa Enrekang masih menjadi salah satu wilayah di Sulsel dengan hamparan pegunungan yang luas dan eksotis. Mampu menawarkan pengalaman yang berbeda bagi setiap penjelajah yang datang. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *