Pulau Padar Labuan Bajo: Harga Tiket dan Cara Menuju

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Pulau Padar Labuan Bajo, yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, terhitung sebagai pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo.

Daya Tarik Pulau Padar
Berbekal daya tarik alam yang mempesona, Pulau Padar menyajikan panorama laut dan dataran Taman Nasional Komodo yang memukau.
Untuk mencapai puncak dan menikmati keindahannya, wisatawan perlu mendaki melalui 818 anak tangga.
Pantas saja, pulau ini menjadi salah satu daripada tiga pulau besar dalam kawasan Taman Nasional Komodo dengan luas sekitar 173.300 hektar.
Selain itu, Pulau Padar juga tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena berada di Taman Nasional Komodo yang merupakan habitat alami komodo serta berbagai jenis fauna lainnya.
Taman Nasional Komodo sendiri menampung lebih kurang 1.000 spesies ikan, tujuh spesies paus, sepuluh jenis lumba-lumba, dan 40 burung serta penyu hijau.
Harga Tiket Masuk Pulau Padar
Untuk dapat menikmati keindahan Pulau Padar, wisatawan diharuskan membayar tiket masuk. Harga tiket untuk Warga Negara Indonesia (WNI) adalah Rp 5.000/orang/hari pada hari Senin hingga Sabtu dan Rp 7.500/orang/hari pada hari Minggu dan Hari Libur.
Sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA), tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 150.000/orang/hari setiap Senin hingga Sabtu dan Rp 225.000 orang/hari setiap Minggu dan Hari Libur.
Selain itu, terdapat juga biaya tambahan seperti tarif mendaki sebesar Rp 5.000 orang/hari/lokasi dan tiket pengamatan kehidupan liar seharga Rp 10.000/orang/hari/lokasi.
Cara Menuju Pulau Padar
Untuk mencapai Pulau Padar, wisatawan harus memulai perjalanan dari Pelabuhan Labuan Bajo. Dari sana, perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan speedboat yang memakan waktu sekitar dua jam atau menggunakan kapal kayu dengan waktu tempuh sekitar empat jam.
Perjalanan ke Pulau Padar biasanya dimulai dari pukul 06.00 dan kembali ke Labuan Bajo sekitar pukul 16.30 WIB.
Dengan demikian, Pulau Padar memang layak untuk menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Dengan harga tiket yang terjangkau dan proses menuju pulau yang terbilang mudah, tak heran jika Pulau Padar semakin hari semakin banyak mendapatkan kunjungan. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *