Pulau Lemukutan: Surga Tersembunyi di Pesisir Kalimantan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Kalimantan Barat dikenal dengan hutan hujan tropis yang masih asri, sungai Kapuas yang membentang dari hulu hingga hilir, dan panorama Danau Sentarum yang merupakan danau rawa terluas di Asia Tenggara.

Namun, siapa sangka bahwa provinsi ini juga memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa, salah satunya adalah Pulau Lemukutan.
Keindahan Pulau Lemukutan
Pulau Lemukutan adalah sebuah pulau yang secara administratif terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Untuk menuju pulau ini, kita harus menempuh perjalanan darat dari Pontianak dengan jarak sekitar 130 Km, yang memakan waktu sekitar 3,5 jam. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu sekitar satu jam dari dermaga penyeberangan.
Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhkan dengan pemandangan pulau-pulau eksotik yang sebagian besar tidak berpenduduk. Ketika sudah sampai di Pulau Lemukutan, kita langsung disambut dengan pemandangan air laut yang sangat jernih, sehingga memperlihatkan keindahan terumbu karang yang terjaga dengan baik. Pantai di Pulau Lemukutan sendiri terdiri dari kerikil halus yang membuat nyaman kaki saat berjalan di atasnya.
Flora dan Fauna Pulau Lemukutan
Selain keindahan terumbu karang, Pulau Lemukutan juga dikelilingi oleh hutan yang membuat suasana pulau terasa amat alami dan menyegarkan. Pohon-pohon kepala yang berayun mengikuti hembusan angin dan kicauan burung menjadikan suasana semakin menakjubkan.
Di bawah air laut Pulau Lemukutan, kita bisa melihat beragam jenis ikan dan biota laut yang mempesona, salah satunya adalah ikan Nemo. Snorkeling menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali mencoba.
Pengalaman di Pulau Lemukutan
Saat berjalan mengelilingi Pulau Lemukutan, kita akan merasakan keramahan penduduknya yang selalu menyapa dengan senyum kebahagiaan. Di pulau ini, kita hanya bisa menemui kendaraan roda dua yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk beraktivitas. Tidak ada mobil yang berkeliaran di pulau ini, sehingga suasana pulau semakin terasa tenang dan menyenangkan.
Pulau Lemukutan adalah salah satu surga wisata bahari yang tersembunyi di Kalimantan Barat. Keindahan alam, terumbu karang, serta keramahan masyarakatnya menjadikan Pulau Lemukutan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi.
Terlebih, dengan kedekatan lokasi dengan Pontianak, menjadikan tempat ini semakin mudah dijangkau. Jangan ragu untuk menjadikan Pulau Lemukutan sebagai destinasi wisata bahari selanjutnya. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *