Prosesi Penggantian Kain Kiswah Ka’bah pada 1 Muharram 1445 H

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Ka’bah, sebuah tempat suci bagi umat Islam di seluruh dunia, dilapisi oleh kain yang dikenal sebagai “kiswah”. Kiswah ini diganti setiap tahunnya, biasanya pada 1 Muharram, awal tahun baru Hijriah. Ada proses yang istimewa dalam detik-detik penggantian kiswah Ka’bah.

Pada 1 Muharram 1445 H, prosesi penggantian kiswah dilakukan dengan hati-hati dan penuh penghormatan. Lebih dari 20 orang petugas terlihat di atas Ka’bah, merenggangkan tali-tali simpul dan kemudian dengan perlahan-lahan melepaskan kiswah yang lama dan memasang yang baru.
Direktur Jenderal Urusan Lembaga Raja Abdulaziz untuk Industri Kiswah Ka’bah, Sulthan bin Athi al-Qurashi, menguraikan dalam situs resmi pengelola Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, bahwa kiswah baru terdiri dari empat sisi terpisah, ditambah tirai pintu Ka’bah. Setiap bagian dipasang secara bertahap dan kemudian disatukan melalui proses penjahitan.
Menariknya, penting untuk dicatat bahwa kiswah baru selalu memiliki satu tahun “tertinggal” dari tahun pemasangan. Misalnya, kiswah yang dipasang pada tahun 1445 Hijriah akan menampilkan kaligrafi dengan tahun 1444 Hijriah. Ini adalah ciri khas dari tradisi ini, dan sebuah cara untuk memastikan bahwa setiap kiswah diproduksi dengan cermat dan kehati-hatian.
Perubahan prosesi ini adalah keputusan baru oleh Raja Salman, yang memerintahkan penggantian kiswah pada setiap awal tahun baru Hijriah. Ini merupakan perubahan dari tradisi sebelumnya, yang biasanya dilakukan pada 9 Dzulhijjah.
Penggantian kiswah bukan hanya tentang pergantian kain saja. Ini merupakan simbol dari penghormatan dan rasa hormat kepada Baitullah dan tradisi yang telah berlangsung selama berabad-abad. Kiswah lama biasanya disimpan dan kemudian dipotong-potong untuk dijadikan hadiah kepada organisasi, tokoh, atau ulama penting.
Pergantian kiswah ini adalah sebuah acara yang penting dan bermakna, menjadi simbol dari sebuah tradisi yang terjaga. Dengan menjaga tradisi ini, kita dapat memastikan bahwa penghormatan kita terhadap tempat-tempat suci dalam Islam akan terus berlanjut dari generasi ke generasi.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *