Pokdarwis Pandansari Adakan Pelatihan Tata Kelola Desa Wisata

banner 468x60


BREBES, KANGENTRAVELING.COM
– Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Pandansari (Deswitasari) merupakan kelompok atau organisasi yang bergerak pada bidang pariwisata khususnya di bidang desa wisata. Deswitasari berlokasikan di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Deswitasari dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan sebagai pemulihan dari pandemi corona. Mereka memberikan pelatihan kepada pelaku wisata, homestay, UMKM, Kelompok Wanita Tani, Karang Taruna, Gabungan Kelompok Tani, dan PKK.

Adapun kegiatannya yaitu dengan memberikan berupa pelatihan tata kelola homestay dengan pembicara Daeng Maja. Pokdarwis Pandansari juga mengundang pembicara Eko Supriyanto sekretaris FK desa wisata dari semarang memberikan materi tata kelola desa wisata dan kelembagaan Pokdarwis.

Tak hanya itu untuk menunjang desa wisata, Deswitasari juga memberikan pelatihan kepanduan kepada pelaku wisata terutama untuk anggota Pokdarwis yang nantinya akan berhubungan langsung dengan pengunjung atau tamu.

Selain itu juga pemateri diajak berkeliling di desa wisata pandansari dengan mengunjungi dusun Kelinci. Kampung kelinci merupakan perkampungan warga yang mayoritasnya menjadi peternak kelinci. Di kampung kelinci peternak tak hanya membudidaya kelinci impor tetapi juga membudiyakan kelinci lokal.

Acara pelatihan ini murni di pelopori oleh Pokdarwis Pandansari yang berlangsung selama 3 hari dimulai dari hari Jum’at hingga Minggu pada tanggal 19 – 22 November 2020 yang bertempat di BLK Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah.

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *