PO Dewi Sri: Bus Andalan Warga Ngapak dan Sejarahnya

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Perusahaan Otobus (PO) Dewi Sri, yang berdiri puluhan tahun lalu, telah menjelma menjadi salah satu perusahaan otobus legendaris di jalur Pantura, khususnya bagi warga Tegal, Jawa Tengah. Bisnis ini bermula dari sepasang suami istri, H. Ismail dan Hj. Rokhayah, yang awalnya berprofesi sebagai pedagang beras pada tahun 1980-an.

Dengan truk mereka, pasangan ini mengangkut beras untuk kegiatan dagang mereka. Kemudian, melihat perkembangan usaha dagang beras dan angkutan truk yang pesat, mereka memutuskan untuk melirik sektor transportasi otobus sebagai peluang bisnis.

Awal mula PO Dewi Sri dimulai dengan mengakuisisi PO Panca Jaya yang berbasis di Purwokerto, Jawa Tengah. Perjalanan pertama dijalankan dengan rute Tegal-Purwokerto dengan menggunakan beberapa bus medium. Tidak berhenti di situ, pada tahun 1993, perusahaan ini berinisiatif membuka trayek AKAP, termasuk rute Tegal-Jakarta Pulang-Pergi (PP). Untuk melayani rute ini, PO Dewi Sri menambahkan tujuh armada bus besar.
Meskipun ada persaingan dari PO Dedy Jaya dan PO Sinar Jaya, PO Dewi Sri berhasil mengukuhkan dirinya dengan menawarkan kecepatan dan ketepatan waktu. PO Dewi Sri telah dikenal sebagai bus kebanggaan “Wong Ngapak” dengan membuka rute ke beberapa daerah. Pada tahun 2000-an, kepemimpinan perusahaan beralih ke anak pertama pasangan pendiri, Ikmal Jaya. Dia membawa perusahaan ini ke tingkat selanjutnya.
Selanjutnya, kepemimpinan diserahkan kepada Idza Priyanti pada tahun 2006, anak ketiga dari pasangan pendiri, setelah H. Ismail terpilih menjadi Walikota Tegal. Kemudian posisi kepemimpinan diserahkan kepada Mukti Agung Wibowo, anak bungsu pasangan tersebut, yang juga berkecimpung dalam dunia politik.
PO Dewi Sri mencatat sejarah dengan menggunakan sasis premium, seperti Volvo B7R, menunjukkan komitmennya untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi. Saat ini, perusahaan ini bangga memiliki lebih dari 500 armada yang tersebar di berbagai divisi, termasuk layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan angkutan kota.
Dari awal yang sederhana sebagai pedagang beras hingga menjadi perusahaan otobus terkemuka di jalur Pantura, perjalanan PO Dewi Sri adalah kisah sukses yang menginspirasi. Dengan dedikasi yang tinggi untuk memberikan layanan terbaik kepada penumpangnya, PO Dewi Sri tetap menjadi pilihan utama dalam perjalanan transportasi darat bagi warga Tegal dan sekitarnya. (*)
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *