Pesona Terselubung Pantai Kesirat Jogja: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute dan Fasilitas

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Jika Anda mencari keindahan alam yang menakjubkan dengan suasana yang tenang dan damai, Pantai Kesirat di Jogjakarta bisa menjadi destinasi pilihan. Pantai ini menawarkan keunikan yang jarang ada di pantai-pantai lainnya. Pantai Kesirat bukanlah pantai berpasir, tapi justru pantai bertebing karang yang memiliki karisma sendiri.

Anda tak akan menemukan pasir putih yang lembut maupun pemandangan ombak membelai bibir pantai. Yang ada hanyalah suara deburan ombak yang menghempas karang, menambah kesejukan suasana. Ditambah lagi ketika matahari mulai tenggelam, senja di Pantai Kesirat terlihat sangat memikat.
Tidak hanya keindahan alamnya, keunikan lain yang dimiliki Pantai Kesirat adalah adanya satu pohon abadi yang tumbuh di tepi tebing karang. Hamparan tanah berumput tak menjadi pilihan bagi pohon ini untuk tumbuh. Keberadaan pohon ini semakin membuat pantai ini terlihat unik dan eksotis.
Bukan hanya wisatawan yang datang ke Pantai Kesirat, beberapa penggemar memancing pun juga sering datang. Pasalnya, pantai ini memiliki banyak jenis ikan yang beragam. Ada juga cerita tentang hiu tutul, paus, dan lumba-lumba yang sering terlihat ketika musim migrasi.
Harga Tiket Masuk
Wisata Yogyakarta terkenal dengan destinasi yang ramah kantong, salah satunya adalah Pantai Kesirat. Untuk menikmati keindahan Pantai Kesirat, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,- per orang. Biaya tambahan yang diperlukan dalam kunjungan ini adalah retribusi parkir kendaraan, yang mencapai Rp. 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil[1]. Harga tiket masuk dan retribusi parkir bisa berubah sewaktu-waktu.
Tradisi Ngalap Berkah
Tradisi ‘ngalap berkah’ atau ‘brubuh-brubuh’ menjadi bagian penting bagi masyarakat sekitar Pantai Kesirat. Dilakukan setahun sekali, ritual ini menjadi bukti kecintaan mereka pada alam dan lingkungan.
Tiket Masuk dan Rute Lokasi Pantai Kesirat
Pantai Kesirat merupakan pantai eksotis yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Meski namanya tidak sepopuler pantai-pantai lain di kawasan tersebut, namun panorama Pantai Kesirat mampu menghipnotis wisatawan yang datang mengunjungi
Di akhir hari, Pantai Kesirat memiliki senja yang begitu memikat, apalagi ditambah dengan kehadiran pohon abadi yang seperti melambai pada matahari. Warna langit barat yang berubah dari kuning terang hingga biru pekat begitu terasa dramatis. Senja ini seolah menorehkan memori tak terlupakan bagi yang pernah menyaksikannya.
Alamat dan Rute Lokasi
Pantai Kesirat dapat dengan mudah dijangkau dan terletak di Karang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, jarak yang harus ditempuh sekitar 45 km, dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan sekitar 90 menit.
Rute yang bisa dilalui dari kota Jogja adalah menuju Piyungan, kemudian mengarah ke Playen dari Simpang Tiga Lanud TNI Angkatan Udara. Lanjutkan perjalanan sampai bertemu dengan Puslatpur milik TNI AD, lalu arahkan ke Saptosari dari pertigaan jalan. Setelah tiba di Girikarto, lokasi Pantai Kesirat sudah tidak jauh lagi.
Untuk Anda yang penasaran ingin datang ke Pantai Kesirat, pantai ini dapat ditempuh dari Yogyakarta melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading – Pasar Playen – Paliyan – Girikarto menuju Pantai Kesirat dan Wohkudu.
Fasilitas
Fasilitas yang tersedia di Pantai Kesirat meliputi area parkir, penitipan kendaraan, camping area, warung makan, toilet, dan mushola.
Jadi, bagi Anda yang mencari destinasi wisata dengan suasana yang berbeda, Pantai Kesirat bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain bisa menikmati keindahan alam, Anda juga bisa belajar banyak tentang keberagaman sumber daya laut dan nilai-nilai budaya yang masih dijaga oleh masyarakat lokal. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *