Pesona Sungai Gulamo, “Green Canyon” Kampar Riau

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Indonesia, tanah air kita yang kaya akan alamnya, menawarkan banyak destinasi wisata menarik yang seringkali belum banyak diketahui oleh khalayak. Salah satu diantaranya adalah Sungai Gulamo yang terletak di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Sungai Gulamo sering disebut sebagai “Green Canyon” versi Kampar. Serupa dengan Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat, Sungai Gulamo menawarkan pesona sungai dengan tebing-tebing indah di kedua sisinya dan air sungai yang bewarna hijau terang atau kecokelatan, tergantung pada musim.
Sungai Gulamo mengalir di kawasan PLTA Koto Panjang, yaitu di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Pekanbaru, perjalanan ke Sungai Gulamo memerlukan waktu 2,5 hingga 3 jam.
Salah satu daya tarik utama deretan pesona Sungai Gulamo tentu saja panoramanya yang alami dan indah dilihat. Beberapa suguhan utama yang bisa dinikmati pengunjung antara lain air terjun yang ada di aliran sungai ini dan juga berperahu sambil menelusuri perairan danau hingga Sungai Gulamo.

Untuk dapat menikmati keindahan Sungai Gulamo, pengunjung perlu merogoh kocek untuk menyewa perahu atau sampan dengan biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000. Biaya yang cukup besar ini tentu dapat terasa lebih ringan apabila ditanggung bersama, misalnya dengan berkelompok atau berbagi biaya dengan teman-teman.
Berwisata di Sungai Gulamo sendiri dapat menjadi aktivitas yang aman dan mengasyikkan di masa pandemi seperti sekarang. Udara bersih dan panorama yang menenangkan membuat wisata ini cocok untuk semua kalangan dan usia.
Tidak hanya menjadi objek wisata lokal yang difavoritkan masyarakat Kampar, Sungai Gulamo juga telah masuk sebagai salah satu nominasi dalam daftar Surga Tersembunyi oleh Anugerah Pesona Indonesia di Tahun 2019.
Jadi, apa nih, rencana liburan kamu minggu ini? Jangan lupa untuk mencantumkan Sungai Gulamo di daftar destinasi wisata Anda! (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *